Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Mekanisme Penerapan Akad Musaqah Pada Petani Kopi (Suatu Penelitian di Kampung Mupakat Jadi Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah)

Chita Rohaya, 170102162 (2021) Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Mekanisme Penerapan Akad Musaqah Pada Petani Kopi (Suatu Penelitian di Kampung Mupakat Jadi Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Musaqah] Text (Musaqah)
Chita Rohaya, 170102162, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Akad Musaqah merupakan sebuah kesepakatan kerja sama antara pemilik lahan dengan penggarap dalam sektor pertanian dengan tujuan penggarap dapat menggelola dan menjaga lahan tersebut, keuntungan dibagi dengan sistem bagi hasil yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme penerapan akad musaqah pada petani kopi di Kampung Mupakat Jadi Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan akad musaqah pada petani Kopi di Kampung Mupakat Jadi Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, serta tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan akad musaqah antara pemilik kebun kopi dan penggarap di Kampung Mupakat Jadi Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan data primer yang diperoleh dari hasil penelitian lapangan (field research) serta data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwa mekanisme penerapan akad musaqah pada petani kopi di Kampung Mupakat Jadi Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah didasarkan kesepakatan kedua belah pihak yang dilakukan secara lisan, kerjasama yang dilakukan mencakup perawatan kebun kopi hingga menghasilkan hasil panen yang maksimal dengan sistem bagi hasil petani penggarap 50% dan untuk pemilik kebun 50% setelah dikurangi biaya perawatan kebun. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan akad musaqah pada kebun kopi yaitu jauhnya kebun kopi dari pemukiman masyarakat dan faktor cuaca di Kampung Mupakat Jadi. Pelaksanaan akad musaqah pada petani kopi di Kampung Mupakat Jadi Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah sudah sesuai dengan hukum ekonomi syari’ah karena kerjasama yang dilakukan telah memenuhi rukun dan syarat musaqah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Chita Rohaya Chita
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:34
Last Modified: 09 Nov 2022 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24150

Actions (login required)

View Item
View Item