Peran Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Pengelolaan Arsip Di MTsN 2 Aceh Besar

Fitri Wahyuni, 180206025 (2022) Peran Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Pengelolaan Arsip Di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Pengelolaan Arsip Di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Peran Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Pengelolaan Arsip Di MTsN 2 Aceh Besar)
Fitri Wahyuni, 180206025, FTK, MPI, 082273283781.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kepala tata usaha bertanggungjawab kepada kepala madrasah dan bertugas melaksanakan ketatausahaan madrasah salah satunya kearsipan. Dalam kenyataannya, di beberapa sekolah masih ada yang belum mendapatkan perhatian mendalam pada bidang kearsipan. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui peran kepala tata usaha sebagai pemimpin dalam meningkatkan pengelolaan arsip di MTsN 2 Aceh Besar, (2) untuk mengetahui peran kepala tata usaha sebagai koordinator dalam meningkatkan pengelolaan arsip di MTsN 2 Aceh Besar, (3) untuk mengetahui peran kepala tata usaha sebagai pengelola urusan administrasi madrasah dalam meningkatkan pengelolaan arsip di MTsN 2 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, kepala tata usaha, dan 2 staf tata usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam peranannya sebagai pemimpin kepala tata usaha MTsN 2 Aceh Besar dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin adminsitrasi yaitu mampu menggerakkan dan memotivasi staf dalam pengelolaan arsip, (2) peran kepala tata usaha mengkoordinir semua kegiatan ketatausahaan. Kepala tata usaha mengkoordinasikan tugas kepada staf tata usaha sesuai job desknya, melakukan rapat atau koordinasi langsung jika adanya perbaikan atau perubahan sistem kearsipan, (3) sebagai pengelola urusan administrasi, kepala tata usaha memiliki program inovasi di antaranya pengelolaan data dengan database, digitalisasi dokumen madrasah, dan meningkatkan kemampuan staf tata usaha dalam pengelolaan arsip melalui pembinaan internal dan eksternal. Selain itu kepala tata usaha melakukan beberapa perbaikan terhadap kearsipan di madrasah salah satunya memperbaiki penataan arsip data guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fitri Fitri Wahyuni
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:51
Last Modified: 09 Nov 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24158

Actions (login required)

View Item
View Item