Harmonisasi Filsafat dan Agama Perspektif Ibnu Rusyd dan Relevansinya Terhadap Integrasi Ilmu

Mauliza Zahara, 170304011 (2022) Harmonisasi Filsafat dan Agama Perspektif Ibnu Rusyd dan Relevansinya Terhadap Integrasi Ilmu. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Harmonisasi Filsafat] Text (Harmonisasi Filsafat)
Mauliza Zahara, 170304011,FUF,AFI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Ibnu Rusyd merupakan salah satu filosof besar dalam Islam yang mencoba mengintegrasikan antara filsafat dan agama. Filsafat dan agama merupakan dua bidang ilmu yang saling berkaitan. Filsafat sendiri berusaha untuk mengungkap suatu kebenaran, demikian juga agama, sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan dan saling berkaitan. Penolakan terhadap filsafat dalam sejarah pemikiran Islam telah mengakibatkan terjadinya ketimpangan pemahaman dan pola pikir dikotomis yang telah mengakar dalam kancah peradaban ilmu pengetahuan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ulang tentang harmonisasi filsafat dan agama perspektif Ibnu Rusyd dan relevansinya terhadap integrasi ilmu dengan pemikiran M. Amin Abdullah berkenaan konsep integrasi-interkoneksi.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah karya Ibnu Rusyd sedangkan sumber sekundernya adalah buku, artikel, karya ilmiah yang relevan dengan permasalahan penelitian dengan menggunakan analisis data deskriptif, konten dan hermeneutika.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa harmonisasi antara filsafat dan agama memaksa kaum muslim intelektual membuat jembatan epistemologi untuk mendamaikan filsafat dan agama. Salah satunya Ibnu Rusyd dengan mencoba mendamaikan hubungan filsafat dan agama. Konsepnya sejalan dengan Amin Abdullah, yang mencoba menawarkan konsep integrasi-interkoneksi sebagai upaya menghindari pandangan dikotomis dari ilmu dan agama khususnya ilmu keislaman. Di sinilah pemikiran Amin Abdullah menjadi relevan, karena yang dibutuhkan saat ini filsafat dan agama tumbuh, maju dan berkembang bersama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Mauliza Zahara
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:54
Last Modified: 09 Nov 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24159

Actions (login required)

View Item
View Item