Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 4 Rukoh

Musliati, 170201170 (2021) Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 4 Rukoh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak pada masa  pandemi  Covid-19] Text (Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi Covid-19)
Musliati, 170201170, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Efektivitas diartikan sebagai kegiatan yang bisa memberi hasil yang memuaskan. Kegiatan belajar dikatakan efektif apabila kegiatan belajar tersebut mencapai tujuannya dengan baik. Efektifnya suatu pembelajaran sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu, banyaknya pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran, siswa yang aktif dan mempunyai Akidah akhlak yang baik serta sarana dan prasarana yang memadai apalagi kondisi belajar seperti saat ini yaitu secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bersifat Library Research, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru akidah akhlak dan beberapa siswa/siswi. variable dalam penelitian ini yaitu efektivitas pembelajaran akidah akhlak pada masa pandemi covid-19. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pembelajaran akidah akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTsN 4 Rukoh apakah efektif ?. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak pada MTsN 4 Rukoh kurang efektif, karena banyak sekali kendala dan hambatan dalam pembelajaran baik dari guru maupun siswa itu sendiri, dan salah satunya yaitu terletak pada keterbatasan kuota internet dan jaringan internet serta metode yang guru gunakan tidak bervariasi sehingga membuat siswa ini jenuh dan malas dalam pembelajaran, hal tersebut membuat siswa ini kurang paham dan mengerti dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Musliati Musli
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:08
Last Modified: 10 Nov 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24163

Actions (login required)

View Item
View Item