Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Tingkatan Penjualan Produk Makanan dalam Persfektif Ekonomi Islam (Suatu Kajian Pada UMKM Kota Banda Aceh pasca covid-19)

Indah Prihatini, 30183721 (2022) Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Tingkatan Penjualan Produk Makanan dalam Persfektif Ekonomi Islam (Suatu Kajian Pada UMKM Kota Banda Aceh pasca covid-19). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Tingkatan Penjualan Produk Makanan dalam Persfektif Ekonomi Islam (Suatu Kajian Pada UMKM  Kota Banda Aceh pasca covid-19)] Text (Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Tingkatan Penjualan Produk Makanan dalam Persfektif Ekonomi Islam (Suatu Kajian Pada UMKM Kota Banda Aceh pasca covid-19))
Indah Prihatini, 30183721, PS, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Besarnya peluang peningkatan penjualan produk makan dan minuman yang memiliki label halal di dalam dan diluar negeri menjadi peluang besar bagi UMKM industri olahan makanan bersertifikat halal Kota Banda Aceh untuk meningkatkan penjualan. Selain label halal, kualitas produk dan promosi merupakan usaha yang penting diperhatikan untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal, kualitas produk, promosi terhadap tingkat penjualan produk UMKM kota Banda Aceh industri olahan makanan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data berasal dari kuesioner dengan sampel jenuh 71 UMKM bersertifikat halal di Kota Banda Aceh. Teknik analisis data mengunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial tidak terdapat pengaruh variabel label halal dan kualitas produk terhadap tingkat penjualan UMKM industri olahan makanan Kota Banda Aceh, Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel promosi terhadap tingkat penjualan UMKM kota Banda Aceh .Serta secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel label halal, kualitas produk, dan promosi terhadap tingkat penjualan UMKM Kota Banda Aceh dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (9,685 > 2,74).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Prihatini Indah
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:21
Last Modified: 09 Nov 2022 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24165

Actions (login required)

View Item
View Item