Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Pada Portal Rumah Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMPN 16 Banda Aceh

Esti Annisa Nurjanah, 180212020 (2022) Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Pada Portal Rumah Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMPN 16 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Pada Portal Rumah Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMPN 16 Banda Aceh] Text (Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Pada Portal Rumah Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMPN 16 Banda Aceh)
Esti Annisa Nurjannah, 180212020, FTK, PTI, 085831151365_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Media pembelajaran dengan game edukasi dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa sehingga proses pembelajaran membawa pengaruh bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan dengan penggunaan game edukasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 16 Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret s/d 26 Maret 2022, menggunakan metode one group pretest posttest design. Teknik dalam pengumpulan data secara observasi awal dan tes yang dibagi menjadi 2 tes yaitu pretest dan posttest. Tahapan pada penelitian ini dimulai dari pemberian pretest, pembelajaran menggunakan game edukasi pada Portal Rumah Belajar, pemberian posttest¸analisis data secara deskriptif dan inferensial, uji hipotesis dan hasil pembahasan. Penelitian dilakukan oleh 26 siswa pada kelas VIII-4 SMPN 16 Banda Aceh, diperoleh bahwa siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM ≥ 70 pada pretest berjumlah 6 siswa dan pada posttest berjumlah 16 siswa. Setelah itu, dilakukan uji hipotesis dengan hasil Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikansi 5% yang berarti terjadinya pengaruh yang signifikan pada peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 16 Banda Aceh yang menggunakan game edukasi pada Portal Rumah Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Esti Annisa Nurjanah
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:51
Last Modified: 10 Nov 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24176

Actions (login required)

View Item
View Item