Aktivitas Pendamping Dalam Penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan Terhadap Masyarakat Miskin Di Gampong Cot Teungoh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie

Raisa Nazifa, 170802008 (2022) Aktivitas Pendamping Dalam Penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan Terhadap Masyarakat Miskin Di Gampong Cot Teungoh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Aktivitas Pendamping Dalam Penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan Terhadap Masyarakat Miskin Di Gampong Cot Teungoh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie] Text (Aktivitas Pendamping Dalam Penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan Terhadap Masyarakat Miskin Di Gampong Cot Teungoh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie)
Raisa Nazifa, 170802008, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Program Bantuan PKH adalah program perlindungan sosial untuk keluarga miskin yang dirancang sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Salah satu Gampong penerima manfaat dari bantuan PKH adalah Gampong Cot Teungoh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Dalam proses penyaluran bantuan PKH diperlukan pendamping sebagai fasilitator yang memberikan dukungan maupun motivasi kepada masyakarat untuk memenuhi kewajibannya sebagai penerima manfaat, sehingga penyalurannya dapat berjalan optimal dan tepat sasaran. Namun, penyaluran bantuan di Gampong Cot Teungoh masih terdapat masyarakat yang menyalahgunakan bantuan PKH serta masih ada masyarakat yang belum paham tentang peruntukannya program bantuan PKH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas pendamping dalam penyaluran bantuan PKH terhadap masyarakat di Gampong Cot Teungoh dan faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pendampingan dan penyaluran bantuan PKH terhadap masyarakat di Gampong Cot Teungoh tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas pendamping dalam penyaluran bantuan PKH terhadap masyarakat sudah berjalan dengan lancar, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Adapun faktor penghambatnya masih ada masyarakat yang kurang disiplin dalam proses penyaluran PKH seperti kehadiran dan penyalahgunaan bantuan PKH tersebut. Namun secara umum dapat dikatakan bahwa aktifitas pendamping dalam penyaluran bantuan program PKH sudah efektif dan efisien serta sudah memenuhi kriteria dan tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.6 Kegiatan pemerintah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Raisa Nazifa Raisa
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:57
Last Modified: 10 Nov 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24179

Actions (login required)

View Item
View Item