Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Di SMKN 2 Banda Aceh

Arkhan Ramadhan, 170211066 (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Di SMKN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Di SMKN 2 Banda Aceh] Text (Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Di SMKN 2 Banda Aceh)
Arkhan Ramadhan, 170211066, FTK, PTE, 082252482887.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dalam situasi pandemi Covid-19 mengharuskan seluruh lembaga, perkantoran, dan tempat keramaian lainnya ditutup dan dianjurkan untuk isolasi diri di rumah. SMKN 2 Banda Aceh telah menerapkan kegiatan pembelajaran secara daring dalam rangka mengatasi penyebaran penyakit Covid-19. Hal ini dapat mempengaruhi pada tingkat perkembangan prestasi peserta didik di SMKN 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta didik terhadap pembelajaran daring di SMKN 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitiannya berjumlah 76 peserta didik dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan peserta didik terhadap pembelajaran daring di SMKN 2 Banda Aceh berada pada tingkat “Puas” dengan perolehan persentase sebesar 71,12%. Hal ini terbukti dari jawaban kuesioner yang telah diberikan ke peserta didik dengan memuat pernyataan-pernyataan dari enam indikator, diantaranya indikator aksesbilitas, kepemilikan perangkat, kemudahan untuk mendapatkan materi, kemudahan untuk mendalami atau memahami materi, interaktivitas dan kemandirian dalam belajar. Faktor-faktor yang paling dominan ditunjukkan pada indikator kepemilikan perangkat sebagai faktor paling berpengaruh pada tingkat kepuasan peserta didik dalam pembelajaran daring dengan perolehan sebesar 76,84%. Sedangkan faktor terendah yaitu pada indikator kemandirian dalam belajar dengan perolehan sebesar 63,95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa peserta didik puas dengan pembelajaran daring yang dijalankan dengan berbagai aplikasi dan akses yang terjangkau.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Arkhan Arkhan
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:05
Last Modified: 10 Nov 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24180

Actions (login required)

View Item
View Item