Implementasi Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMKN1 Aceh Barat Daya

Riska, 170211002 (2022) Implementasi Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMKN1 Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMKN1 Aceh Barat Daya] Text (Implementasi Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMKN1 Aceh Barat Daya)
Riska, 170211002, FTK, PTE, 085262536461.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena kurang aktifnya proses pembelajaran karena guru masih menjadi pusat pembelajaran. Oleh karena itu diperlukannya model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa, salah satu modelnya adalah discovery learning. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMKN 1 Aceh Barat sebanyak 25 siswa, 17 perempuan dan delapan laki-laki. Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. rata-rata hasil belajar disiklus I adalah 58,2, hanya 6 siswa atau 24% siswa yang mampu menuntaskan pembelajaran sementara sisanya 19 siswa atau 76% dari keseluruhan siswa di kelas tersebut masih belum tuntas. Hasil belajar siswa mencapai ketuntasan pada siklus II dan mengalami peningkatan rata-ratanya menjadi 80,28, hasil analisis data menunjukkan hanya 5 siswa yang belum tuntas belajar atau 20% dari keseluruhan siswa, sedangkan 20 orang siswa atau 80% telah tuntas. Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning terdiri dari 6 langkah yaitu langkah pemberian rangsangan, identifikasi/pernyataan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan langkah menarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Riska Riska
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:04
Last Modified: 10 Nov 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24182

Actions (login required)

View Item
View Item