Analisis Strategi Pengembangan UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Terhadap Pedagang di Pasar Manggeng)

Gita Hilfanisa, 170602093 (2021) Analisis Strategi Pengembangan UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Terhadap Pedagang di Pasar Manggeng). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perekonomian Pedagang] Text (Perekonomian Pedagang)
Gita Hilfanisa, 170602093, FEBI, ES, 085348409690.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ialah salah satu bagian yang memiliki peranan penting untuk perekonomian suatu bangsa serta wilayah tak terkecuali di Manggeng, Aceh Barat Daya. Strategi pengembangan merupakan instrumen untuk mencapai tujuan jangka panjang yang dilakukan oleh pemerintah, dunia usaha, atau daerah setempat melalui persiapan dan pemberian bantuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan usaha yang lebih maju. Pemberdayaan UMKM pada dasarnya merupakan kewajiban bersama antara pemerintah, masyarakat dan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi dalam meningkatkan modal dan produktivitas sumber daya manusia yang ada di pasar Manggeng dengan pembiayaan syariah UMKM serta mengetahui analisis SWOT terhadap pengembangan UMKM di Pasar Manggeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang UMKM yang ada di pasar Manggeng memiliki kekuatan yang lebih signifikan dari pada kelemahan sehingga hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM agar usaha yang mereka jalankan dapat terus berkembang. Kekuatan yang dimiliki adalah barang yang ditawarkan berkualitas, harga terjangkau, barang lengkap dan lokasi yang strategis. Sedangkan kelemahannya adalah keterbatasan modal usaha, kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) kurang memadai, serta kurangnya perhatian dari pemerintah. Strategi yang diterapkan oleh pedagang UMKM Pasar Manggeng merupakan strategi SO.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Gita Hilfanisa Gita
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:31
Last Modified: 11 Nov 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24187

Actions (login required)

View Item
View Item