Estimasi Populasi Siamang (Symphalangus syndactylus) di Rainforest Lodge Kedah Kabupaten Gayo Lues Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan

Rizky Purnama, 170207003 (2022) Estimasi Populasi Siamang (Symphalangus syndactylus) di Rainforest Lodge Kedah Kabupaten Gayo Lues Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Estimasi Populasi Siamang (Symphalangus syndactylus) di    Rainforest Lodge Kedah Kabupaten Gayo Lues   Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan] Text (Estimasi Populasi Siamang (Symphalangus syndactylus) di Rainforest Lodge Kedah Kabupaten Gayo Lues Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan)
Rizky Purnama, 170207003, FTK, PBL, 082210878004.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Siamang (Symphalangus syndactylus) adalah primata pada family Hylobatidae dan merupakan spesies yang terancam kepunahannya disebabkan oleh degradasi hutan yang mana habitat alaminya. Rain Forest Lodge Kedah merupakan kawasan hutan lindung yang memiliki keanekaragaman jenis flora, fauna dan di dominansi oleh pohon tinggi sehingga lokasi tersebut di jadikan habitat oleh siamang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis estimasi populasi siamang di Rain Forest Lodge Kedah, untuk mengetahui pemanfaatan hasil penelitian estimasi populasi siamang, dan untuk mengetahui hasil uji kelayakan output yang di hasilkan terhadap referensi mata kuliah ekologi hewan. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode survey eksploratif, penentuan stasiun di tentukan berdasarkan perjumpaan pohon pakan siamang. Data di analisis menggunakan rumus densitas, rumus estimasi populasi, dan rumus kelayakan persentase. luas area dalam penelitian 10% dari keseluruhan luas tempat penelitian yaitu 589,51 Ha, pengamatan dilaksanakan dengan 5 stasiun pengamatan yang memiliki luas 400 X 400 meter/stasiun. Hasil estimasi populasi siamang tertinggi di peroleh pada stasiun 2 dengan 3 individu, dan memiliki nilai estimasi 0,06 /Ha dengan kepadatan sebesar 0,018 /km², dan hasil terendah pada stasiun 4 dengan 1 individu yang memiliki nilai estimasi 0,02 /Ha dengan kepadatan sebesar 0,006 /km, dan stasiun 5 tidak ada di jumpai keberadaan siamang. Jumlah pohon pakan siamang di jumpai sebanyak 91 dari 15 spesies pohon pakan. Output hasil penelitian di buat dalam bentuk modul pembelajaran. Hasil uji kelayakan modul ahli media di peroleh nilai 79% berkriteria layak, uji kelayakan ahli materi di peroleh nilai 78% berkriteria layak, sehingga modul layak di jadikan sebagai referensi pembelajaran mata kuliah Ekologi Hewan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizky Purnama Rizky
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:49
Last Modified: 11 Nov 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24191

Actions (login required)

View Item
View Item