Strategi Yayasan Advokasi Rakyat Aceh dalam Membantu Masyarakat Miskin Mendapatakan Pelayanan Kesehatan yang Layak di RSUZA Banda Aceh

Rosdiana, 441206967 (2017) Strategi Yayasan Advokasi Rakyat Aceh dalam Membantu Masyarakat Miskin Mendapatakan Pelayanan Kesehatan yang Layak di RSUZA Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Masalah Sosial]
Preview
Text (Mengenai tentang Masalah Sosial)
ROSDIANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang paling banyak di butuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu diperlukan strategi dalam dalam suatu organisasi demi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Pilihan strategi yang baik akan memberikan gambaran yang baik untuk mewujudkan tujuan yang igin dicapai oleh suatu lembaga. Ada beberapa strategi yang digunakan oleh YARA dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang maksimal di RSUDZA Banda Aceh. Adapu rumusan masaalah dalam penelitian ini : 1) Apa yang melatarbelakangi Yayasan Advokasi Rakyat Aceh dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang maksimal di RSUDZA. 2) Apa saja strategi Yayasan Advokasi Rakyat Aceh dalam meningkatkan pelayan kesehatan yang maksimal terhadap masyarakat miskin di RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data kualitatif yang diperoleh dengan metode wawancara. Dalam pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling . Hasil penelitian ini, latar belakang YARA dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang maksimal di RSUDZA adalah mengacu kepada undang-undang kesehatan, selain itu juga berangkat dari keprihatinan terhadap kondisi pelayanan kesehatan yang buruk. YARA berusaha meringakan beban moril maupun materil yang dirasakan oleh masyarakat yang kurang mampu ketika membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit, meningkatkan akses dan mutu pelayanan kepada masyarakat yang kurang mampu sesuai dengan tuntutan peraturan yang ada, ini menjadi salah satu tujuan program YARA. Maka berdasarkan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah, YARA berusaha mewujudkan implimentasi aturan tersebut agar masyarakat mampu memproses layanan kesehatan yang baik dan sesuai dengan kebutuhannya. Kemudian beberapa strategi yang digunakan oleh YARA dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang maksimal diantaranya : Meminta kebijakan Rumah Sakit mengenai regulasi yang belum ada terkait permasalahan yang ada, Berargumentasi sesuai dengan ketentuan yang ada, Menghubungkan pasien dengan sistem sumber yang dibutuhkan oleh pasien, Mendampingi pasien yang membutuhkan pendampingan, Memberi pemahaman kepada pasien bagaimana cara mendapatkan jaminan sehingga Rumah Sakit memberikan pelayanan yang sesuai, Memberikan rekomendasi kepada pasien yang ditangani oleh YARA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pepmbimbing : 1. Drs. Muchlis Aziz, M.Si; 2. Furqan, S.Sos.I, MA
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Masalah Sosial
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rosdiana Rohana
Date Deposited: 05 Feb 2018 08:38
Last Modified: 05 Feb 2018 08:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2420

Actions (login required)

View Item
View Item