Konsistensi Perilaku Berbusana Muslimah Mahasiswi PAI Di Dalam Maupun Di Luar Kampus UIN Ar-Raniry

Shinta Berliana Putri, 180201052 (2022) Konsistensi Perilaku Berbusana Muslimah Mahasiswi PAI Di Dalam Maupun Di Luar Kampus UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Konsistensi Perilaku Berbusana Muslimah Mahasiswi PAI Di Dalam Maupun Di Luar Kampus UIN Ar-Raniry] Text (Konsistensi Perilaku Berbusana Muslimah Mahasiswi PAI Di Dalam Maupun Di Luar Kampus UIN Ar-Raniry)
Shinta Berliana Putri, 180201052, FTK, PAI, 082246172150.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh adalah lembaga pendidikan yang mencetak calon guru untuk mendidik siswa/i agar berperilaku Islami. Maka sudah semestinya mahasiswi khususnya FTK Prodi PAI, menggunakan busana muslimah dimulai dari saat mereka menjadi mahasiswi di prodi PAI, sehingga menggambarkan sosok guru PAI dan perempuan muslimah. Berdasarkan observasi awal peneliti menemukan adanya ketidaksesuaian perilaku berbusana muslimah pada mahasiswi PAI di dalam maupun di luar kampus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran umum cara/perilaku berbusana mahasiswi PAI di dalam maupun di luar kampus?, (2) Bagaimana konsistensi perilaku berbusana muslimah mahasiswi PAI di dalam maupun di luar kampus UIN Ar-Raniry?, (3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi konsistensi perilaku berbusana muslimah mahasiswi PAI?, (4) Apa saja solusi yang dapat dilakukan terhadap konsistensi perilaku berbusana muslimah mahasiswi PAI?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari kaprodi, 3 orang dosen PAI, 10 orang mahasiswi PAI angkatan 2018. Untuk memilih subjek, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswi PAI dinyatakan belum keseluruhan konsisten berbusana muslimah, terdapat sebagian yang sudah konsisten hal ini terlihat dari sikap mereka dalam mengenakan busana muslimah secara terus menerus, tetap stabil, tidak berubah-ubah, dan mengenakan busana muslimah di dalam maupun di luar kampus. Dan terdapat sebagian lagi belum konsisten hal ini terlihat dari sikap mereka dalam mengenakan busana muslimah secara tidak terus menerus, tidak stabil, berubah-ubah, tidak berulang, dan mengenakan busana muslimah di dalam kampus sedang di luar kampus belum berbusana muslimah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shinta Berliana Putri
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:44
Last Modified: 14 Nov 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24204

Actions (login required)

View Item
View Item