Pengaruh Media Perkecambahan Dan Kedalaman Tanam Terhadap Viabilitas Benih Tanaman Tomat (solanum lycopersicum mill.) Sebagai Referensi Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan

Resti Humaira. JH, 180207012 (2022) Pengaruh Media Perkecambahan Dan Kedalaman Tanam Terhadap Viabilitas Benih Tanaman Tomat (solanum lycopersicum mill.) Sebagai Referensi Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Media Perkecambahan Dan Kedalaman Tanam Terhadap Viabilitas Benih Tanaman Tomat (solanum lycopersicum mill.)] Text (Pengaruh Media Perkecambahan Dan Kedalaman Tanam Terhadap Viabilitas Benih Tanaman Tomat (solanum lycopersicum mill.))
Resti Humaira. JH, 180207012, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pengetahuan mahasiswa terkait pengaruh media perkecambahan dan kedalaman tanam terhadap benih tanaman tomat (Solanum lycopersicum Mill.) tergolong minim. Hal ini dilatarbelakangi karena belum adanya buku khusus yang membahas tentang media perkecambahan dan kedalaman tanam dari benih tanaman tomat (Solanum lycopersicum Mill.). Penelitian ini penting dilakukan untuk memperoleh data dalam menyusun buku saku sebagai penunjang dalam mata kuliah fisiologi tumbuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media perkecambahan dan kedalaman tanam terhadap viabilitas benih tanaman tomat. Disamping itu untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara faktor media perkecambahan dan kedalaman tanam terhadap viabilitas benih tanaman tomat. Penelitian ini dilakukan di laboratarium pendidikan biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-raniry. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Mei sampai dengan 8 Juli 2022. Bahan yang digunakan adalah benih tomat, pasir sungai, pupuk kandang dan air. Sedangkan alat-alat yang digunakan adalah penggaris, kertas label, polibag 27 buah dan alat tulis. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap pola non faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor yang diteliti adalah media perkecambahan terdiri dari tiga taraf, yaitu: tanah + pasir (1:1), tanah + pupuk kandang (1:1), pasir + pupuk kandang (1:1) dan faktor kedalaman tanam terdiri dari tiga taraf yaitu 2, 3, dan 4 cm. Dengan demikian terdapat 9 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan, sehingga terdapat 27 satuan. Peubah yang dilihat adalah kecepatan tumbuh benih tanaman tomat di media perkecambahan yang berbeda dan kedalaman tanam yang berbeda. Hasil penelitian yang diperoleh terhadap pengaruh media perkecambahana dan kedalaman tanam terhadap viabilitas benih tanaman tomat (Solanum lycopersicum Mill.) yaitu pencampuran Media tanam tanah + pupuk kandang dengan kedalaman 4 cm dari atas pernukaan media tanam adalah perlakuan terbaik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Resti Humaira. JH Resti
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:31
Last Modified: 14 Nov 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24205

Actions (login required)

View Item
View Item