Hubungan Bimbingan Di Industri Terhadap Keterampilan Kerja Siswa Kelas Xii Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 2 Banda Aceh

Muhammad Al Muchlis, 170211053 (2022) Hubungan Bimbingan Di Industri Terhadap Keterampilan Kerja Siswa Kelas Xii Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Bimbingan Di Industri Terhadap Keterampilan Kerja Siswa Kelas Xii Jurusan Teknik  Instalasi  Tenaga  Listrik  Di  SMK Negeri 2 Banda Aceh] Text (Hubungan Bimbingan Di Industri Terhadap Keterampilan Kerja Siswa Kelas Xii Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 2 Banda Aceh)
Muhammad Al Muchlis, 170211053, FTK, PTE, 082165510293.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar manusia agar dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran, dapat dipahami bahwa potensi manusia dapat berkembang sangat tergantung pada kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yang di perolehnya. Dalam rangka menyiapkan SDM yang relevan dengan kebutuhan, maka sektor pendidikan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi wahana penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan bagi peserta didik dimana Salah satu konsepsi pendidikan yang actual ialah sistem magang yang diberikan ke pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui intensistas bimbingan di industri siswa kelas III jurusan Teknik instalasi tenaga listrik SMK N 2 Banda Aceh ketika melaksanakan Praktik Kerja Industri. 2. Mengetahui Bagaimana hubungan antara bimbingan di industri terhadap keterampilan kerja siswa jurusan Teknik instalasi tenaga listrik SMK N 2 Banda Aceh setelah melaksanakan Praktik Kerja Industri. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan
kuantitatif. Sujek penelitian ini berjumlah 5 orang guru dan 22 orang pesera didik. Istrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat intensitas bimbingan yang dilakukan oleh guru pembimbing prakerin ke pada siswa menunjukkan hasil yang sangat baik dengan perolehan persentase sebesar 100%. dan hasil keterampilan yang diperoleh siswa berdasarkan bimbingan yang dilakukan oleh guru pembimbing memperoleh nilai persentase sebesar 83 %. Sedangkan 17 % nya di pengaruhi oleh fakor-faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Al Muchlis Muchlis
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:36
Last Modified: 14 Nov 2022 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24206

Actions (login required)

View Item
View Item