Sistem Tata Kelola Dana Infaq Dan Efektivitasnya Terhadap Kinerja Pengelola Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh (Analisis Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018)

Al Nasya Nurfajri, 180102029 (2022) Sistem Tata Kelola Dana Infaq Dan Efektivitasnya Terhadap Kinerja Pengelola Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh (Analisis Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Sistem Tata Kelola Dana Infaq Dan Efektivitasnya Terhadap Kinerja Pengelola Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh (Analisis Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018)] Text (Sistem Tata Kelola Dana Infaq Dan Efektivitasnya Terhadap Kinerja Pengelola Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh (Analisis Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018))
Al Nasya Nurfajri, 180102029, FSH, HES, 0895611035554.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Baitul Mal merupakan lembaga keuangan yang tugas pokoknya ialah mengelola dana umat Islam, serta dipergunakan untuk kegiatan sosial. Dalam operasionalnya, lembaga ini memperoleh dari dana senif ‘amil yang sesuai pada ketentuan hukum Islam yaitu surah at-Taubah ayat 60 menerangkan ‘amil merupakan bagian asnaf. Namun, dalam Qanun Aceh No.10 tahun 2018 tentang Baitul Mal menentapkan bahwa Baitul Mal dapat mengalokasikan dana infaq untuk operasional. Jumlah dana infaq yang dikelola oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh terbilang jumlah yang sangat besar.Oleh sebab itu, dibutuhkan sistem tata kelola dana infaq yang mencakup pengelolaan dana infaq terhadap kinerja ‘amil. Sehingga, diperlukan pengelolaan yang baik dan benar agar terhindar penyalahgunaan dana. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan dan ketentuan tata kelola dana infaq, efektivitas tata kelola dana infaq terhadap kinerja ‘amil, dan kesesuaian porsi dana infaq terhadap Qanun Aceh No.10 tahun 2018 tentang Baitul Mal. Metode dalam penelitian ini deskriptif analisis dan Allocation to Collection Ratio (ACR) . Hasil penelitian dan analisis penulis menunjukan bahwa (1) Implementasi tata kelola di Baitul Mal Kota Banda Aceh dilakukan oleh komisioner dan Dewan Pengawas Syari’ah sesuai ketentuan Qanun Aceh melakukan evaluasi, arahan, dan pemantauan, bentuk kebijakan dan ketentuan yang diterapkan sesuai prinisp ‘amil governance. Tujuannya ialah memastikan tata kelola dilaksanakan dengan baik. (2) Efektivitasnya diukur melalui ACR menunjukan hasil 58% yang tergolong kategori cukup efektif dan kesesuain pelaksanaan kegiatan dengan yang direncanakan, tersedia sarana prasana yang memadai, penentuan efektif atau tidak suatu program dari kegiatan yang tidak terealisasi karena tidak cukup anggaran. (3) Besar persentase dana infaq yang dikelola oleh Baitul Mal melebihi dari ketentuan Qanun Aceh No.10 tahun 2018 tentang Baitul Mal. Dari paparan diatas disimpulkan bahwa Baitul Mal Kota Banda Aceh telah menjalankan tugas dan fungsinya secara cukup baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Al Nasya Nurfajri Nasya
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:40
Last Modified: 14 Nov 2022 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24208

Actions (login required)

View Item
View Item