Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis WEB pada SMKN 4 Banda Aceh

Nisak Izzia, 170212009 (2022) Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis WEB pada SMKN 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi] Text (Membahas Tentang Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi)
Nisak Izzia, 170212009, FTK, PTI, 085975446545.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh pihak SMKN 4 Banda Aceh yang dilakukan setiap tahun untuk memilih siswa berprestasi untuk diberikan apresiasi terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa yang mana dari pemberian apresiasi tersebut dapat meningkatkan motivasi serta keinginan belajar bagi siswa. Namun, proses penentuan siswa berprestasi yang dilakukan oleh pihak SMKN 4 Banda Aceh dilakukan dengan cara manual dan cenderung bersifat subyektif karena hanya dilihat dari nilai akademik yang diperoleh siswa, hingga hasil keputusan yang diperoleh tidaklah adil bagi siswa lain yang memenuhi standar dalam bidang non akademik. Oleh karena itu peneliti merancang Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk meningkatkan keefektifan dalam menentukan siswa berprestasi di SMKN 4 Banda Aceh. Pada sistem ini ada beberapa kriteria yang akan dijadikan penilaian yaitu nilai akademik, kehadiran, sikap, dan non-akademik. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall dan menggunakan Usability Testing berdasarkan Nielsen Model untuk analisa tingkat kualitas sistem. Terdapat lima variabel Usability Testing berdasarkan Nielsen Model yaitu learnability (mudah dipelajari), effiency (efisien), memorability (mudah diingat), errors (kesalahan), dan statisfaction (kepuasan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi telah memenuhi kelima aspek Usability Testing dengan perolehan nilai persentase rata-rata dari kelima aspek yaitu 84,08% dalam ketegori sangat layak, sehingga dapat dioperasikan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Nisak Izzia
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:47
Last Modified: 15 Nov 2022 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24211

Actions (login required)

View Item
View Item