Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi PTI

Riza Umami, 170212016 (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi PTI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Blended Learning] Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Blended Learning)
RIZA UMAMI, 170212016, FTK, PTI, 081361153245.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi di era globalisasi semakin mengalami perubahan yang sangat pesat terutama teknologi informasi.Dalam proses pembelajaran minat dan hasil belajar mahasiswa sangat di pengaruhi oleh pemilihan atau penentuan model pembelajaran. Model pembelajaran dapat dikatakan baik jika terdapat perbaikan, perubahan dan pengembangan. Sekarang ini sudah banyak model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar. Salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran blended learning. Model pembelajaran blended learning ini sudah pernah diterapkan di Universitas Islam Negeri Ar-raniry pada tahun akademik 2020/2021 semester genap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan adanya model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berupa hasil pembagian angket/kuisioner kepada 45 mahasiswa yang telah menggunakan model pembelajaran blended learning. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa nilai Sig. Penggunaan Blended learning (X) terhadap minat (Y1) yaitu 0,00 < 0,05 yang berarti blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar mahasiswa. Sedangkan nilai Sig. penggunaan blended learning terhadap hasil belajar yaitu 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge > 001.1 Kehidupan Intelektual > 001.2 Kepanditan (scholarship) dan pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Riza Umami
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:47
Last Modified: 15 Nov 2022 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24213

Actions (login required)

View Item
View Item