Analisis Pengembangan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis WEB Berdasarkan ISO 9126 Pada SMK Muhammadiyah Banda Aceh

Liza Rozana, 170212038 (2022) Analisis Pengembangan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis WEB Berdasarkan ISO 9126 Pada SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang sistem informasi pengarsipan surat berbasis web] Text (Membahas tentang sistem informasi pengarsipan surat berbasis web)
Liza Rozana, 170212038, FTK, PTI, 081264413253.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kearsipan sangatlah penting dalam kelancaran berjalannya sebuah lembaga yakni sebagai pusat ingatan dan sumber informasi. Oleh sebab itu sangat diharapakan proses pengelolaan arsip dilakukan dengan baik, cepat, dan mudah. Apabila arsip yang dimiliki tidak dikelola dengan baik maka akan berdampak pada sulitnya penemuan kembali dokumen arsip. SMK Muhammadiyah Banda Aceh sebagai salah satu pusat kegiatan pendidikan yang menghasilkan bermacam dokumen yang haruslah dipelihara dan dijaga supaya bisa dimanfaatkan oleh pihak sekolah yang bersangkutan sehingga dibutuhkan suatu sistem kelola arsip yang baik. Namun pengelolaan dokumen arsip masih dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan buku arsip kemudian dikelompokkan dalam map dan disimpan didalam lemari. Maka sistem informasi pengarsipan ini dikembangkan untuk mempermudah proses pengelolaan dokumen arsip pada SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Pengujian terhadap suatu perangkat lunak penting dilakukan, tujuannya agar dapat diketahui kualitas derta kelayakan dari sistem informasi yang telah dibuat atau dikembangkan, karena kualitas akan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Adapun penilaian kualitas dalam penelitian ini menggunakan standar International Organization for Standardization (ISO) 9126. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi pengarsipan dokumen berbasis web yang telah dikembangkan telah memenuhi standar ISO 9126 pada aspek funtionality, usability, reliability, dan efficiency.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Liza Rozana
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:07
Last Modified: 15 Nov 2022 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24222

Actions (login required)

View Item
View Item