Politik Perempuan dan Pengaruhnya terhadap Dinamika Pemerintahan menurut Abdurrahman Wahid (suatu penelitian tentang Imāmah dan Qāwwamah)

Muhammad Nur Miswari, 170105034 (2022) Politik Perempuan dan Pengaruhnya terhadap Dinamika Pemerintahan menurut Abdurrahman Wahid (suatu penelitian tentang Imāmah dan Qāwwamah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Qāwwamah] Text (Qāwwamah)
Muhammad Nur Miswari, 170105034, FSH, , HTN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Politik perempuan terhadap pemikiran Abdurrahman Wahid pada penelitian mengenai imamad dan qawwamah, Islam tidak membedakan peran perempuan dan laki-laki baik dalam politik ataupun pemerintahan. Perbedaan laki-laki dan perempuan hanyalah bersifat biologis, tidak bersifat institusional atau kelembagaan sebagaimana disangkakan banyak orang dalam literatur Islam klasik bahwa ada ayat ataupun hadis yang diskriminatif terhadap politik perempuan. Persoalan yang hendak dikaji adalah bagaimana politik perempuan dan pengaruhnya terhadap dinamika pemerintahan menurut Abdurrahman Wahid ditinjau dari imāmah dan bagaimana pengaruh politik perempuan dan pengaruhnya terhadap dinamika Pemerintahan menurut Abdurrahman Wahid ditinjau dari qāwwamah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan(Library Research) dan pendekatan Historis. Hasil dari penelitian Gus Dur mewacanakan mengenai perempuan menjadi pemimpin, serta menghilangkan diskriminasi perempuan di segala bidang. Beliau juga melegitimasi kedudukan perempuan dalam Islam dan dalam bidang pemerintahan. Politik perempuan dalam hal qāwwwamah Gus Dur lebih memilih penafsiran bahwasanya laki-laki lebih bertanggung jawab secara fisik atas keselamatan perempuan. Perempuan mempunyai komitmen dan tanggung jawab terhadap apa yang dia pimpin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Muhammad Nur Miswari Miswari
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:07
Last Modified: 17 Nov 2022 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24235

Actions (login required)

View Item
View Item