Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN 1 Aceh Jaya

Syarifah Ainul Basyirah, 150213109 (2021) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN 1 Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar   Siswa di MAN 1 Aceh Jaya] Text (Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN 1 Aceh Jaya)
Syarifah Ainul Basyirah, 150213109, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Keluarga yang harmonis dan berpendidikan, serta menggunakan pola asuh yang tepat maka besar kemungkinannya akan melahirkan generasi-generasi yang pintar dan berprestasi, karena dukungan dan apresiasi dari keluarga merupakan hal yang diharapkan oleh anak dan salah satu faktor yang membuat anak/siswa termotivasi untuk belajar lebih giat lagi demi meningkatkan prestasi belajarnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh terhadap prestasi belajar siswa di MAN Aceh Jaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian terdiri dari siswa kelas XI yang berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh pola asuh terhadap prestasi belajar siswa di MAN Aceh Jaya. Hasil penelitian uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa koefesien determinasi (R square) sebesar 0,07 yang artinya pengaruh variable independen (pola asuh) terhadap variable dependen (prestasi belajar) sebesar 7%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh pola asuh terhadap prestasi belajar siswa sangat rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Syarifah Ainul Basyirah Syarifah
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:08
Last Modified: 17 Nov 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24270

Actions (login required)

View Item
View Item