Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Flannelgraf Pada Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 1 Sabang

Khairal Farasya, 180207034 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Flannelgraf Pada Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 1 Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Flannelgraf Pada Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 1 Sabang] Text (Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Flannelgraf Pada Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 1 Sabang)
Khairal Farasya, 180207034, FTK, PBL (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

siswa dalam proses pembelajaran, hal tersebut disebabkan oleh beberapa fakor, seperti kurangya penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan flannelgraf .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan flannelgraf pada materi sistem ekskresi . Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Sabang sedangkan sampel dilakukan kelas Al-Kindi berjumlah 28 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes dan respon siswa menggunakan angket. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan rumus N-Gain dan uji-t sedangkan respon siswa dilakukan dengan rumus persentase. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan media flannelgraf pada materi sistem ekskresi memiliki persentase rata-rata lebih tinggi yaitu sebesar 79,1% sedangkan siswa kelas control yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki persentase lebih rendah yaitu 66,3% dengan hasil uji-t yaitu t hitung>t tabel (5,385>1,677) sehingga Ha dapat diterima dan H0 ditolak. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan media flannelgraf yaitu 75% dengan kategori positif. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan media flannelgraf dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII MTsN 1 Sabang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khairal Farasya Khairal
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:50
Last Modified: 17 Nov 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24280

Actions (login required)

View Item
View Item