Komunikasi Daring Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Poltekkes Kemenkes Banda Aceh

Yany Audhya Shalihah, 160401120 (2021) Komunikasi Daring Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Poltekkes Kemenkes Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kualitas Pembelajaran] Text (Kualitas Pembelajaran)
Yany Audhya Shalihah, 160401120, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang kualitas komunikasi dalam sistem daring untuk pembelajaran di Poltekkes Kemenkes Aceh dan untuk seberapa berhasil dalam berkomunikasi melalui sistem daring (jaringan) dari dosen terhadap mahasiswa. Untuk memperoleh hasil dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif atau di sebut dengan menggunakan metode jenis penelitian lapangan (Field Research), penulis juga melakukan wawancara langsung dengan berbagai narasumber yang diperlukan dalam penelitian ini. penelitian ini melibatkan tiga orang dosen dan mahasiswanya yang berjumlah tujuh orang dari berbagai jurusan di Poltekkes Kemenkes Aceh. Hasil dari penelitian menunjukkan selama proses pembelajaran online, mahasiswa mendapat kesulitan untuk mengerti dari materi yang dijelaskan oleh dosen, dan komunikasi yang baik menjadi kunci utamanya,dosen dan mahasiwa yang mempunyai jalinan komunikasi yang baik yaitu dengan menggunakan strategi komunikasi persuasif antara dosen dan mahasiswa sehingga akan menghasilkan proses penyampaian pengetahuan secara online menjadi maksimal.Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada Teori new media. Komunikasi menurut Harold Lasswell bahwa cara yang terbaik untuk menerangkan kegiatan komunikasi ialah harus menjawab pertanyaan “Who SaysWhat In Which Channel To Whom Whit What Effect”.Dan teori itu menerapkan 5 elemen tersebut yaitu adanya komunikator, pesan, komunikan, saluran, dan hasil. Sedangkan model Stimulus – Respons adalah teori yang menerangkan tentang suatu aksi dan tindakan yang dilakukan dalam berkomunikasi.Dalam hal ini didukung dengan dosen yang secara optimal menciptakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif dan variatif, serta dosen memposisikan diri sebagai motivator agar mahasiswa semakin semangat dalam mengikuti pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yany Audhya Shalihah Yany
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:07
Last Modified: 17 Nov 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24284

Actions (login required)

View Item
View Item