Nilai-Nilai Dakwah Dalam Tolak Bala (Studi Kasus Di Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan)

Rahmad Bulqaini, 150403064 (2022) Nilai-Nilai Dakwah Dalam Tolak Bala (Studi Kasus Di Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Nilai-Nilai Dakwah Dalam Tolak Bala (Studi Kasus Di Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan)] Text (Nilai-Nilai Dakwah Dalam Tolak Bala (Studi Kasus Di Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan))
Rahmad Bulqaini, 150403064, FDK, MD, 085359694434.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Nilai-nilai Dakwah dalam Tradisi Tolak Bala (Studi Kasus di Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tradisi tolak bala dalam pandangan Islam di Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan dan untuk mengetahui nilai-nilai dakwah yang terkadung dalam tradisi tolak bala di Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi tolak bala di Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan tidak menggunakan teknik seperti dahulu, yakni dengan memotong kepala kerbau lalu dihanyutkan ke laut. Namun lebih kepada nuansa islami, seperti melakukan ritual shalat jamaah bersama, berzikir bersama, membaca shalawat dan berdoa supaya Allah jauhkan dari bala, dan terakhir mereka makan bersama, kegiatan ini dihadiri seluruh masyarakat gampong dan makanannya dibawa lansung oleh masyarakat. Sedangkan nilai-nilai dakwah yang terkadung dalam tradisi tolak bala di Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan yakni nilai aqidah, nilai ibada dan nilai sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Rahmad Bulqaini
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:45
Last Modified: 18 Nov 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24296

Actions (login required)

View Item
View Item