Analisis Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun di Dusun Deyah Baro

Cut Rahmi Vera, 180210037 (2022) Analisis Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun di Dusun Deyah Baro. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun di Dusun Deyah Baro] Text (Analisis Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun di Dusun Deyah Baro)
Cut Rahmi Vera, 180210037, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Mengenal huruf merupakan kemampuan dalam mengenali suatu tanda aksara ataupun ciri dalam suatu tulisan. Mengenal huruf dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengenali simbol-simbol abjad dalam sebuah tulisan. Hasil observasi awal di Dusun Deyah Baro menunjukkan bahwa sebagian besar anak yang berusia 4-5 tahun belum bisa mengenal huruf dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi anak dalam mengenal huruf. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak yang berusia 4-5 tahun di Dusun Deyah Baro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak usia 4-5 tahun di Dusun Deyah Baro belum bisa mengenal huruf dan tergolong dalam kategori Belum Berkembang (BB), ini terlihat dari keterbatasan anak dalam mengenal simbol-simbol huruf alfabet, bahkan ada anak yang belum bisa membedakan bunyi-bunyi huruf alfabet. Kendala yang dihadapi anak usia 4-5 tahun di Dusun Deyah Baro belum bisa mengenal huruf disebabkan karena kurang fokus orangtuanya dalam mengenalkan huruf alfabet, anak sering diganggu oleh kakak maupun adiknya ketika sedang belajar, dan anak tergesa-gesa dalam belajar dikarenakan ingin segera bermain dengan teman-temannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Cut Rahmi Vera Cut
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:43
Last Modified: 18 Nov 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24297

Actions (login required)

View Item
View Item