Analisis Upaya BNI Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Implementasi Qanun Lembaga Keuangan Syariah No.11 Tahun 2018 Periode Tahun 2019-2021

Syarifah Liza Putri, 170603215 (2021) Analisis Upaya BNI Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Implementasi Qanun Lembaga Keuangan Syariah No.11 Tahun 2018 Periode Tahun 2019-2021. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak dan Pengembangan SDM] Text (Dampak dan Pengembangan SDM)
Syarifah Liza Putri, 170603215, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Setelah lahirnya Qanun LKS No.11 tahun 2018 maka industri perbankan di tanah air sudah mulai mempersiapkan diri dalam rangka implementasi Qanun LKS salah satu perbankan yang siap mendukung untuk mengimplementasikan Qanun Lembaga Keuangan Syariah yaitu PT. bank BNI dan BNI KC Sigli merupakan salah satu Cabang Kantor BNI yang juga sekarang melakukan persiapan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya-upaya PT. BNI KC Sigli mempersiapkan SDM dalam rangka implementasi Qanun LKS No.11 Tahun 2018. Adapun penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara kepada pimpinan SDM, penyelia layanan, auditor dan karyawan PT. BNI KC Sigli serta pihak Akademisi perbankan syariah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan oleh pihak PT. BNI KC Sigli, di antaranya: 1) memberi opsi untuk memilih berkerja pada bank syariah atau melanjutkan kinerjanya pada bank konvensional dan terdapat seorang staf yang memilih melanjutkan kinerjanya pada bank konvensional, 2) PT. BNI KC Sigli sudah menempuh 7 kali pelatihan, 1 kali offline dan 6 kali online, 3) melakukan simulasi yang sudah dilakukan sekali dalam hal migrasi dan tata cara pelayanan nasabah, 4) sharing mengenai perbankan syariah baik itu online dan offline sharing offline dilakukan setiap sore kamis, 5) melakukan rapat unit setiap hari rabu, 6) mendatangkan pihak BNI Syariah Banda Aceh, 7) melakukan role play layanan dan, 8) melakukan 2 kali tes assessment (uji evaluasi). Dampak dari upaya tersebut terhadap SDM adalah meningkatnya pemahaman staf terhadap produk dan sistem operasional perbankan syariah yang mana setelah dilakukan survei oleh pihak PT. BNI KC Sigli menemukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman tentang produk dan sistem perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Syarifah Liza Putri Liza
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:42
Last Modified: 18 Nov 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24298

Actions (login required)

View Item
View Item