Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Termokimia Di SMA Negeri 2 Banda Aceh

Anjas Rioga Novalta, 170208026 (2022) Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Termokimia Di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)  Pada  Materi Termokimia Di SMA Negeri 2 Banda Aceh] Text (Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Termokimia Di SMA Negeri 2 Banda Aceh)
Anjas Rioga Novalta, 170208026, FTK, PKM, 085269964231.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Ketidakefektifan bahan ajar yang ditandai dengan rumitnya bahasa yang digunakan pada buku ajar kimia serta untuk memaksimalkan tujuan dari kurikulum 2013 yang melatarbelakangi pengembangan modul berbasis STEM (Science, Technology,Engineering, and Mathematics) pada materi termokimia di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk bahan ajar agar dapat mengatasi permasalahan yang ditemukan di SMA Negeri 2 Banda aceh dengan cara melihat kevalidan produk yang dikembangkan melalui penilaian validator ahli dan melihat umpan balik dari respon guru dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE sebagai rancangan penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitan pengembangan ini adalah lembar wawancara, lembar validasi, lembar angket respon guru, serta lembar angket respon peserta didik. Setelah dilakukan pengolahan data terhadap lembar validasi maka diperoleh hasil total persentase skor rata-rata validasi yaitu 90,3% sehingga masuk dalam kategori sangat valid. Hasil respon guru masuk dalam kategori sangat baik yaitu 85,3%, Begitupun hasil respon yang didapat dari respon 28 orang peserta didik, yaitu 92,7 %. Kesimpulan penelitian yang diinterpretasikan dari hasil pengolahan data yang didapat adalah modul berbasis STEM (Science, Technology,Engineering, and Mathematics) pada materi termokimia yang dikembangkan di SMA Negeri 2 Banda Aceh sangat valid dan sangat baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Anjas Rioga Novalta Anjas
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:46
Last Modified: 18 Nov 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24299

Actions (login required)

View Item
View Item