Total Quality Management dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Tenaga Pendidik di SDN Blang Jeurat Tangse Pidie

Tasya Nurmalia, 180206094 (2022) Total Quality Management dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Tenaga Pendidik di SDN Blang Jeurat Tangse Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Total Quality Management dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Tenaga Pendidik  di SDN Blang Jeurat Tangse Pidie] Text (Total Quality Management dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Tenaga Pendidik di SDN Blang Jeurat Tangse Pidie)
Tasya Nurmalia, 180206094, FTK, MPI, 085359201951.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Kompetensi kepribadian tenaga pendidik merupakan kualifikasi yang harus dimiliki oleh setiap tenaga pendidik dan tentunya harus dilakukan perbaikan secara terus menerus sehingga dalam hal ini membutuhkan aktualisasi total quality management untuk memuaskan pelanggan atau konsumen pendidikan. Total quality management merupakan konsep perbaikan terus menerus dan berfokus kepada kepuasan pelanggan, konsep ini bisa digunakan pada setiap permasalahan yang ada disekolah termasuk pada peningkatan kompetensi kepribadian tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan dan kendala total quality management dalam peningkatan kompetensi kepribadian tenaga pendidik. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan tenaga pendidik, serta analisanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan total quality management dalam peningkatan kompetensi kepribadian tenaga pendidik sudah baik dalam beberapa hal, yaitu: (1) sudah berfokus pada pelanggan dengan menganalis elemen-elemen yang harus diperbaiki pada kompetensi kepribadian tenaga pendidik; dan (2) kepala sekolah sudah menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan kompetensi kepribadian tenaga pendidik serta memberikan dukungan dan berusaha melakukan perbaikan secara terus menerus, konsisten dan berkesinambungan. Kendala total quality management dalam peningkatan kompetensi kepribadian tenaga pendidik yaitu masih rendahnya pemahaman tenaga pendidik dengan konsep total quality management dan kendala lainnya disebabkan oleh beberapa faktor yang meliputi faktor kompetensi, faktor umur, faktor budaya dan faktor financial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tasya Tasya Nurmalia
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:39
Last Modified: 21 Nov 2022 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24315

Actions (login required)

View Item
View Item