Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Siti Aisyah, 170205071 (2022) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender] Text (Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender)
Siti Aisyah, 170205071, FTK, PMA, 081265145334.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Akan tetapi, hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa SMP masih dalam kategori rendah. Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam kemampuan komunikasi matematis salah satunya adalah faktor gender. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 14 Banda Aceh yaitu 3 laki-laki dan 3 perempuan dengan kategori siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan serta triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan matematika pada kategori tinggi, subjek perempuan mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis sedangkan subjek laki-laki hanya mampu pada indikator written text dan drawing. Kemudian kemampuan matematika pada kategori sedang, subjek laki-laki dan perempuan hanya mampu pada indikator written text dan drawing. Selanjutnya kemampuan matematika pada kategori rendah, subjek laki-laki tidak dapat memenuhi pada semua indikator kemampuan komunikasi matematis, sedangkan subjek perempuan dapat memenuhi pada satu indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu pada indikator written text.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:51
Last Modified: 21 Nov 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24319

Actions (login required)

View Item
View Item