Pengolahan Limbah Cair Rumah Potong Hewan (RPH) Menggunakan Kombinasi Teknologi Microbubble Generator Dan Filter Bioball

Iman Rahmawan, 170702039 (2022) Pengolahan Limbah Cair Rumah Potong Hewan (RPH) Menggunakan Kombinasi Teknologi Microbubble Generator Dan Filter Bioball. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengolahan Limbah Cair Rumah Potong Hewan (RPH) Menggunakan Kombinasi Teknologi Microbubble Generator Dan Filter Bioball] Text (Pengolahan Limbah Cair Rumah Potong Hewan (RPH) Menggunakan Kombinasi Teknologi Microbubble Generator Dan Filter Bioball)
Iman Rahmawan, 170702039, FST, TL, 082273980125.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Industri Rumah Potong Hewan (RPH) merupakan salah satu industri pangan yang ada di setiap daerah, limbah cair RPH Kota Banda Aceh dapat memberikan berbagai dampak terhadap lingkungan, maka dari itu diperlukan adanya pengolahan sebelum limbah dilepaskan di lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental (pendekatan kuantitatif) dengan mengolah limbah cair Rumah Potong Hewan (RPH) dengan metode MBG (aerob), filter Bioball (anaerob) dan kombinasi keduanya . Tujuan dari penelitian ini mengetahui efektivitas Microbubble Generator (MBG), filter Bioball dan kombinasi antara keduanya. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa proses ini mampu mendegradasi zat organik pada limbah Rumah Potong Hewan. Pada parameter COD didapatkan persentase penurunan terbaik pada set II Kombinasi dengan persentase sebesar 70,46 % dan penurunan mencapai 200 mg/L. Pada Parameter TSS didapatkan persentase penurunan terbaik pada set 2 dengan persentase sebesar 69,09 % dan penurunan mencapai 34 mg/L. Pada parameter Turbiditas didapatkan penurunan terbaik yaitu 83,16 % dengan penurunan mencapai 9,6 NTU. Simpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu proses anaerob dan aerob ini berpengaruh terhadap efektivitas degradasi. Dari metode-metode pengolahan air limbah RPH yang dilakukan pada penelitian ini (MBG, Biobaall, dan kombinasi keduanya), yang paling efektif dalam mendegradasi limbah (sesuai parameter yang diuji) adalah kombinasi metode MBG dan bioball yang hasil pengolahannya sesuai dengan baku mutu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Iman Rahmawan Iman
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:05
Last Modified: 21 Nov 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24320

Actions (login required)

View Item
View Item