Penggunaan Kitab Tafsir Dan Metode Pengajarannya Pada Ma’had Babul Ulum Al-Aziziyah Lueng Ie Aceh Besar

Fajar Fahreza, 140303030 (2019) Penggunaan Kitab Tafsir Dan Metode Pengajarannya Pada Ma’had Babul Ulum Al-Aziziyah Lueng Ie Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kitab Tafsir] Text (Kitab Tafsir)
Fajar, 140303030, FUF, IAT, 085282919050.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan kitab tafsir dan metode pengajaran kepada santri dayah Babul Ulum Al-Aziziyah Lueng Ie melalui kurikulum dayah yang telah disesuaikan dengan kemampuan santri. Standarisasi pengajaran didasari kepada rancangan mata pelajaran tafsir yang diajarkan menurut tingkat rangsangan belajar para santri. Atas dasar pemahaman tersebut, penulis kiranya menemukan tiga permasalahan yang perlu ditindak lanjuti dalam kajian ini: pertama, bagaimana metode pengajaran tafsir yang digunakan di dayah Babul Ulum. Kedua, bagaimana pandangan santri terhadap metode penafsiran yang digunakan di dayah Babul Ulum. Ketiga, kendala apa saja yang terdapat dalam penggunaan metode penafsiran di dayah Babul Ulum. Metode dan tehnik penyelesaian ketiga persoalan ini akan ditempuh melalui metode analisis isi (content analisis). Dikarenakan masalah yang penulis munculkan adalah field research, maka acuan penyelesaiannya adalah perpaduan library research dan field research dengan menggunakan data dan informasi upaya obserasi, populasi, sampel dan wawancara yang didasari pada pengakuan objek. Dari data yang diperoleh kemudian diolah dengan menentukan jawaban berdasarkan hasil wawancara dengan pimpinan dayah dan guru yang mengajar di dayah Babul Ulum juga dari santri sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, metode pengajaran tafsir yang digunakan di dayah Babul Ulum dilaksanakan dengan menulis dan mengulang yaitu guru yang membacakan di depan, murid yang mendengarkan dan juga kadang-kadang menulis sebagai catatan yang dianggap penting. Kedua, pandangan santri terhadap metode penafsiran yang digunakan di dayah Babul Ulum terbatas pada metode ijmali (global) saja dan pemahaman mereka dalam mempelajari tafsir bagus, dengan maksud ia bisa memahami tafsir sesuai dengan apa yang diajarkan tengku. Ketiga, kendala yang terdapat dalam penggunaan metode penafsiran bagi santri dikarenakan statusnya masih seorang pelajar dan rutinitas yang sangat padat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an > 2X1.31 Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Fajar Fahreza Fajar
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:05
Last Modified: 22 Nov 2022 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24330

Actions (login required)

View Item
View Item