Penerapan LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elekrolit Di SMA Negeri 5 Banda Aceh

Riska Munira, 170208062 (2022) Penerapan LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elekrolit Di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan LKPD Berbasis Contextual Teaching  And Learning (CTL) Pada Materi Larutan  Elektrolit Dan Non Elekrolit Di SMA Negeri 5 Banda Aceh] Text (Penerapan LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elekrolit Di SMA Negeri 5 Banda Aceh)
Riska Munira, 170208062, FTK, PKM, 082283697952.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan pembelajaran sains yang dianggap membosankan dan sulit dipahami oleh sebagian besar peserta didik. Hal ini terjadi karena mereka mengganggap materi kimia merupakan hal yang tidak ada hubungannya dengan kehidupan. Fenomena ini memerlukan upaya guru untuk mengolah pembelajaran menjadi hal yang disukai dan menyenangkan. Hal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran CTL, model ini berupaya membawa pemikiran peserta didik untuk lebih memahami makna dari suatu materi dengan menghubungkan materi yang dipelajari dengan fenomena-fenomena dalam kehidupan sehari-hari, sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk menembahkan pengetahuan dalam penerapan LKPD pada pembelajaran kimia dalam usaha meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non eleketrolit dan untuk menjadikan motivasi kepada siswa karena belajar dalam proses pembelajaran yang variatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitan tindakan kelas dalam penerapan LKPD berbasis CTL ( Contextual Teaching and Learning) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Data dikumpulkan melalui validasi, aktivitas, respon dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persentase kelayakan LKPD adalah 75.75 % layak digunakan pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta hasil respon belajar siswa adalah sebesar 79,99% dan dalam hasil belajar siswa siklus I adalah sebesar 72,72%, mengalami peningkatan menjadi 93,93% pada siklus II. hal ini menunjukkan bahwa siswa tertarik belajar materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dengan menggunakan model CTL.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Riska Munira
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:29
Last Modified: 22 Nov 2022 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24335

Actions (login required)

View Item
View Item