Upaya Pelestarian Kerajinan Kasab (Studi Kasus di Desa Blang Ara Keude Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya)

Sri Ayuda, 170501050 (2022) Upaya Pelestarian Kerajinan Kasab (Studi Kasus di Desa Blang Ara Keude Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Pelestarian Kerajinan Kasab (Studi Kasus di Desa Blang Ara Keude Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya)] Text (Upaya Pelestarian Kerajinan Kasab (Studi Kasus di Desa Blang Ara Keude Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya))
Sri Ayuda, 170501050, FAH, SKI, 082274639963.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Pelestarian Kerajinan Kasab di Desa Blang Ara Keude, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya”. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah: 1) untuk mengatahui motif-motif (ornament) kain kasab di Desa Blang Ara Keude. 2) untuk mengetahui pelestarian kerajinan kasab di Desa Blang Ara Keude. 3) untuk mengetahui peran pemerintah dalam melestarikan kerajinan kasab di Desa Blang Ara Keude. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawacara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasab merupakan salah satu teknik tradisi untuk pembuatan tekstil tradisional dari ujung barat Indonesia, Provinsi Aceh. Kasab adalah teknik pembuatan motif di atas kain, kasab termasuk dalam kategori desain tekstil permukaan. Penggunaan benang emas pada komponen-komponen upacara adat tidak hanya memberikan nilai estetis, tetapi juga menjadi pelengkap makna yang disampaikan melalui simbol-simbol sebagai media komunikasi masyarakat. Adapun motif kasab yang selalu digunakan dalam masyarakat Desa Blang Ara Keude seperti motif bungong uret, bungong meulu, bungong pucuk pakis dan pucuk rembong (bunga bambu). Pelestarian kasab di Desa Blang Ara Keude, terus dijalankan oleh masyarakat setempat dan didukung oleh pemerintah. Dalam melestarikan budaya lokal (kasab) melibatkan penciptaan ekspresi yang dinamis dan menyesuaikan dengan situasi perkembangan yang berubah untuk melestarikan kualitas budaya, seni, dan tradisional. Namun dengan dukungan pemerintah kasab menjadi sesuatu yang menarik sehingga pada zaman sekarang peminat untuk memproduksikan kasab semakin bertambah. Adapun peran pemerintah dalam melestarikan kasab di Desa Blang Ara Keude ialah telah mendapatkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Nagan Raya. Maka dari itu, adapun peran pemerintah terhadap kasab di Kabupaten Nagan Raya dapat dilihat adanya sebuah Dinas Disperindakop dan UMKM. Dinas ini membawahi semua keterampilan, termasuk menyulam benang emas/kasab, oleh karena itu selalu ada pelatihan untuk semua jenis keterampilan setahun sekali terutama bulan September. Hal ini dimaksud untuk melestarikan adat yang sudah dipraktekkan di Kabupaten Nagan Raya dan bekerja dengan mereka, serta memberikan pekerjaan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Sri Ayuda Sri
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:34
Last Modified: 22 Nov 2022 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24336

Actions (login required)

View Item
View Item