Strategi Perdagangan Etnis Cina di Langsa

Maulida, 180501005 (2022) Strategi Perdagangan Etnis Cina di Langsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Strategi Perdagangan Etnis Cina di Langsa] Text (Strategi Perdagangan Etnis Cina di Langsa)
Maulida, 180501005, FAH, SKI, 0895600672019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Perdagangan Etnis Cina di Langsa”. Yang menarik dari penelitian ini ialah: supaya pedagang lokal dapat meningkatkan atau mengembangkan seperti yang dijalankan oleh strategi perdagangan etnis Cina. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah: 1) untuk mengetahui strategi yang dilakukan perdagangan etnis Cina di Langsa, 2) untuk mengetahui pengaruh perdagangan etnis Cina terhadap pedagang/masyarakat lokal di Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi non partisipan ialah (hanya mengamati dan melihat suatu kegiatan tanpa ikut serta dalam kegiatan tersebut), wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada tiga strategi perdagangan yang dijalankan oleh etnis Cina di Langsa ialah: habitus (kebiasaan seperti mengajarkan tentang ilmu berdagang yang baik, benar, dapat memuaskan hati pelanggan dan cara hidup berhemat dengan pola hidup keserdehanaan), modal (berupa tabungan uang atau investasi dalam mengembangkan atau meningkatkan usaha perdagangan), sikap etos kerja (tidak merasa lelah, selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan, dan tidak pernah merasa puas terhadap keberhasilan yang didapatkan), dalam ketiga strategi ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut: agama, budaya (tradisi, dan kekerabatan), pendidikan, struktur perdagangan, dan lingkungan memadai. Dengan adanya strategi ini memberikan pengaruh positif antara perdagangan etnis Cina terhadap pedagang/masyarakat lokal ialah: tidak adanya persaingan antara pedagang Cina dan pedagang lokal, karena bagi pedagang lokal membeli barang/produk di tempat perdagangan etnis Cina yang didapatkan dengan harga yang murah, mendapatkan potongan harga apapila membeli barang/produk dengan jumlah yang banyak, stoknya yang disediakan lengkap, barang terjamin baru tanpa kadarluasa, dan sistem pelayanannya yang diberikan baik dan nyaman. Selain itu bagi pekerja lokal mendapatkan keuntungan dalam mencari pekerjaan. Sedangkan dampak negatifnya ialah: salah satunya pedagang lokal merasa bersaing karena barang/produknya tidak laku sehingga hasil pendapatan yang didapatkan berkurang, dan menyebabkan kerugian bahkan kebangkrutan. Sehingga antisipasi yang dilakukan pedagang lokal untuk menurunkan harga agar tidak mengakibatkan barang/produknya menjadi kadarluasa. Adapun dari hubungan perdagangan antara etnis Cina dan pedagang lokal memberikan dampak positif bahkan negatif, tetapi hubungan dalam nilai-nilai keharmonisan tetap terjaga hingga sampai sekarang dengan cara saling menghargai kepercayaan, dan menghormati kebudayaan masing-masing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Maulida Maulida
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:34
Last Modified: 22 Nov 2022 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24337

Actions (login required)

View Item
View Item