Upaya Pelestarian Sanggar Rapa’i Tuha Sebagai Warisan Seni Budaya Tradisional Aceh: Studi Di Lamreung Meunasah Baktrieng Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar

Satria Mandala Putra, 160501016 (2021) Upaya Pelestarian Sanggar Rapa’i Tuha Sebagai Warisan Seni Budaya Tradisional Aceh: Studi Di Lamreung Meunasah Baktrieng Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Pelestarian Sanggar Rapa’i Tuha Sebagai Warisan Seni Budaya Tradisional Aceh: Studi Di Lamreung Meunasah Baktrieng Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar] Text (Upaya Pelestarian Sanggar Rapa’i Tuha Sebagai Warisan Seni Budaya Tradisional Aceh: Studi Di Lamreung Meunasah Baktrieng Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar)
Satria Mandala Putra, 160501016, FAH, SKI, 082369981978.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Pelestarian Sanggar Rapa’i Tuha Sebagai Warisan Seni Budaya Tradisional Aceh: Studi di Lamreung Meunasah Baktrieng Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar”, Rapa’i merupakan sebuah benda budaya dan alat musik tradisional Aceh yang berfungsi sebagai alat media dakwah islam. Salah satu komunitas budaya yang masih melestarikan kesenian rapa’i yaitu Sanggar Rapa’i Tuha yang terletak di Lamreung Meunasah Baktrieng. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui sejarah dan upaya pelestarian budaya rapa’i pada sanggar dan masyarakat setempat. Metode yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancancara yang dilakukan terhadap masyarakat, pengurus sanggar serta pemerintah yang mengayomi sanggar dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Sanggar Rapa’i Tuha merupakan sanggar seni yang berdiri pada tanggal 15 Maret 2009 yang bertujuan untuk membina, memupuk minat masyarakat dalam kesenian, serta berperan untuk melestarikan budaya rapa’i pada masyarakat. Sanggar Rapa’i Tuha mendapat respon baik berupa apresiasi serta partisipasi dari masyarakat Gampong Lamreung Meunasah Baktrieng maupun masyarakat luar, serta mendapat dukungan yang baik dari pemerintah. Terjadi hubungan yang saling menguntungkan antara sanggar dengan masyarakat seperti ikut andilnya sanggar dalam memeriahkan acara-acara yang diselenggarakan masyarakat, serta kuatnya dukungan masyarakat dalam berkontribusi di setiap kegiatan yang dilakukan sanggar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Satria Mandala Putra Satria
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:39
Last Modified: 22 Nov 2022 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24339

Actions (login required)

View Item
View Item