Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 1 Teupah Selatan

Kutar Maulana, 150208093 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 1 Teupah Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis  Android  Pada Materi Asam Basa] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Asam Basa)
Kutar Maulana, 150208093, FTK, PKM, 085270546624.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis android ini menggunakan aplikasi Corel Draw dan Adobe Flash CS 6. Pemilihan aplikasi ini didasarkan atas penggunaannya yang mudah dan bisa menggabungkan aplikasi pendukung media yang lain. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Teupah Selatan tentang pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi asam basa yang dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan minat belajar peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran pada proses belajar berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia berbasis android dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran kimia berbasis android pada materi asam basa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen validasi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian diperoleh dari validator I (ahli media), validator II (ahli media), dan validator III (ahli media dan materi), dengan persentase berturut-turut 92,64%, 97,05%, 95,58%. Secara keseluruhan rata-ratanya yaitu 95,05%. Berdasarkan kriteria skala kelayakan media maka media dinyatakan sangat layak. Hasil isian angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran kimia diperoleh rata-rata persentase 96,085% berada pada kategori 85% ≤ RS sangat positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Kutar Maulana Maulana
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:54
Last Modified: 23 Nov 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24353

Actions (login required)

View Item
View Item