Analisis Partisipasi Istri dalam Perekonomian Rumah Tangga Di Desa Lampeuot Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam

Noppy Ofvitaria Ningsih, 150602047 (2020) Analisis Partisipasi Istri dalam Perekonomian Rumah Tangga Di Desa Lampeuot Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Status Pekerjaan] Text (Status Pekerjaan)
Noppy Ofvitaria Ningsih, 150602047, FEBI, ES, 082361735679.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Beberapa motivasi perempuan untuk bekerja yaitu suami tidak bekerja, pendapatan rumah tangga rendah sedangkan jumlah tanggungan cukup tinggi dan ingin mencari uang sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status pekerjaan, tingkat pendidikan dan tanggungan keluarga terhadap Partisipasi Istri dalam Perekonomian Rumah Tangga di Desa Lampeuot Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, respondennya adalah ibu-ibu yang bekerja di Desa Lampeuot dan sampel yang di ambil sebanyak 42 orang ibu rumah tangga dengan menggunakan pernyataan dari Arikunto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan bahwa status pekerjaan, tingkat pendidikan dan tanggungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap partisipasi istri dalam upaya meningkatkan perekonomian rumah tangga. Sedangkan secara parsial hanya status pekerjaan dan tingkat pendidikan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi istri dalam upaya meningkatkan perekonomian rumah tangga sedangkan tanggungan keluarga tidak berpengaruh signifikan. Pengaruh yang diberikan oleh variable independen terhadap variable dependen sebesar 33,1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Noppy Ofvitaria Ningsih Noppy
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:55
Last Modified: 23 Nov 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24361

Actions (login required)

View Item
View Item