Kajian Terhadap Kenyamanan Pada Ruang Gerak, Berdasarkan Aktivitas Lansia Di UPTD Panti Sosial Lansia “Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang”

Siti Humairah, 160701083 (2021) Kajian Terhadap Kenyamanan Pada Ruang Gerak, Berdasarkan Aktivitas Lansia Di UPTD Panti Sosial Lansia “Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang”. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kajian Terhadap Kenyamanan Pada Ruang Gerak,  Berdasarkan Aktivitas Lansia Di UPTD Panti Sosial Lansia   “Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang”] Text (Kajian Terhadap Kenyamanan Pada Ruang Gerak, Berdasarkan Aktivitas Lansia Di UPTD Panti Sosial Lansia “Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang”)
Siti Humairah, 160701083, FST, ARS, 085212195280.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Panti sosial Jompo merupakan tempat pelayanan kesejahteraan yang diperuntukkan bagi para Lansia yang tidak memiliki tempat tinggal dan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam penelitian ini panti jompo yang akan di teliti adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Panti Sosial Lansia “Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang”, di Ulee Kareng, Banda Aceh. Tujuan penelitian untuk mengetahui keamanan dan kenyamanan pada aktivitas ruang gerak serta hal yang dapat menyebabkan resiko terjatuh terhadap lansia di panti jompo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literatur, kajian literatur serta observasi akhir. Hasil penelitian didapatkan bahwa tidak adanya ramp dan pegangan pada dinding, lantai licin yang dapat menyebabkan cedera dan toilet yang tidak ramah lansia, baik lansia yang sehat maupun lansia yang menggunakan kursi roda. Hal ini menunjukkan fasilitas yang ada pada panti jompo tersebut belum memenuhi standar lansia. Standar yang didapatkan yaitu ramp dengan ketinggian 80-85 cm dengan handrail setinggi 90 cm dari permukaan tanah, lantai yang bertekstur agar tidak licin, toilet yang ramah lansia dan toilet yang berfasilitas khusus untuk lansia yang menggunakan kursi roda dengan diameter 1,5 meter untuk memudahkan kursi roda memutar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, kenyamanan pada aktivitas ruang gerak Lansia yang ada di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Panti Sosial Lansia “Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang”, masih sangat kurang sehingga diperlukannya modifikasi lingkungan yang aman dan nyaman untuk kelangsungan hidup Lansia di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Siti Humairah Siti
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:12
Last Modified: 24 Nov 2022 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24368

Actions (login required)

View Item
View Item