Tahlil Akhta' Al Lughawiyah fii Al Muhadatsah Ladaa Athalibaat Ma'had Al Manar Al 'Asry (Bahtsu Washfii Tahlili)

Putri Humairah, 170202145 (2022) Tahlil Akhta' Al Lughawiyah fii Al Muhadatsah Ladaa Athalibaat Ma'had Al Manar Al 'Asry (Bahtsu Washfii Tahlili). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tahlil Akhta' Al Lughawiyah fii Al Muhadatsah Ladaa Athalibaat Ma'had Al Manar Al 'Asry (Bahtsu Washfii Tahlili)] Text (Tahlil Akhta' Al Lughawiyah fii Al Muhadatsah Ladaa Athalibaat Ma'had Al Manar Al 'Asry (Bahtsu Washfii Tahlili))
Putri Humairah, 170202145, FTK, PBA, 082272727549.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Kesalahan Bahasa Pada Muhadatsah Santri Pesantren Modern Al-Manar”Adapun keterampilan Berbicara Merupakan salah satu keterampilan bahasa yang penting, harus dikuasai oleh pembelajar. Adapun Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menganalisis kesalahan berbahasa serta mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan yang sering terjadi serta mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan pada bahasa santri, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dimana penulis secara langsung turun ke lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, alat perekam suara, dan dokumentasi. Peneliti mengambil sampel 36 santriwati kelas 5C. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan bahwa santriwati pesantren modern Al- Manar masih mendapatkan kesulitan dan kesalahan dalam berbicara Bahasa Arab, Faktor penyebab tejadinya kesalahan dari Aspek dalaliyah saat muhadatsah santri antara lain: karena pengaruh bahasa Indonesia. bahwasannya peneliti menemukan kesalahan yang sering dilakukan santri saat bermuhadatsah yaitu kesalahan pada aspek dalaliyah dengan persentase 71,59%, Adapun faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam aspek nahwu ialah tidak mengetahui tarkib nahwu, menghiraukan qawaid dengan persentase 28,4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Putri Humairah Putri
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:41
Last Modified: 24 Nov 2022 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24371

Actions (login required)

View Item
View Item