Perancangan Islamic Fashion Center (Pusat Fashion islami) Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Islam)

Zuhratul Hayati, 150701092 (2021) Perancangan Islamic Fashion Center (Pusat Fashion islami) Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Islam). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Islamic Fashion Center (Pusat Fashion islami) Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Islam)] Text (Perancangan Islamic Fashion Center (Pusat Fashion islami) Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Islam))
Zuhratul Hayati, 150701092, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (42MB)

Abstract

Perkembangan fashion terus meningkat dan tidak pernah berhenti mengikuti tren. Meningkatnya peminat fashion, maka para perancang, sekolah, industri, dan brand-brand fashion mulai banyak bermunculan. Desainer fashion di Banda Aceh sering tidak diketahui masyarakatnya sendiri. Keberadaannya masih belum terkoordinir, masih berjalan sendiri-sendiri dan belum terhimpun dalam wadah yang solid. Aceh berpotensi menjadi Pusat Busana Muslim karena Kota Banda Aceh sudah dideklarasikan sebagai destinasi Wisata Islami Dunia (World Islamic Tourism), sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan luar untuk mengenal bagaimana fashion rancangan desainer Aceh. Perancangan Islamic Fashion Center (Pusat Fashion Islami) di Banda Aceh ini menggunakan tema Arsitektur Islam dengan pendekatan melalui studi nilai-nilai Islam (Al-Qur’an dan Sunnah), diharapkan nantinya dapat membentuk wujud bangunan yang mewadahi sarana desain para desainer, edukasi pembelajaran, perdagangan, dan promosi. Sehingga dapat membantu pada desainer dengan tersedianya wadah, dan masyarakat untuk wisata belanja, pembelajaran tentang dunia fashion, dan mengetahui hasil karya fashion, lalu menjadikannya wujud bangunan sebagai pusat berkumpul atau public space untuk masyarakat keseluruhan. Dari hasil analisa diperoleh konsep-konsep perancangan yang akan diterapkan pada perancangan Islamic Fashion Center yang mendukung pendekatan Arsitektur Islam yang diusung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Zuhratul Hayati, Zuhra
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:44
Last Modified: 24 Nov 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24376

Actions (login required)

View Item
View Item