Tahlil al-akhta' an-nahwiyyah fi qiraah an-nushush al-'arabiyyah lada at-thullab (Dirasah washfiyyah tahliliyah bi Ma'had Nurul Falah Meulaboh)

Rizqi Wahyuni, 170202014 (2022) Tahlil al-akhta' an-nahwiyyah fi qiraah an-nushush al-'arabiyyah lada at-thullab (Dirasah washfiyyah tahliliyah bi Ma'had Nurul Falah Meulaboh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tahlil al-akhta' an-nahwiyyah fi qiraah an-nushush al-'arabiyyah lada at-thullab (Dirasah washfiyyah tahliliyah bi Ma'had Nurul Falah Meulaboh)] Text (Tahlil al-akhta' an-nahwiyyah fi qiraah an-nushush al-'arabiyyah lada at-thullab (Dirasah washfiyyah tahliliyah bi Ma'had Nurul Falah Meulaboh))
Rizqi Wahyuni, 170202014, FTK, PBA, 085297017993.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Nahwu adalah salah satu unsur dalam bahasa arab dan merupakan ilmu yang membahas tentang prinsip-prinsip untuk mengenali kata-kata bahasa Arab dari segi I’rab dan binanya. Kegiatan membaca teks arab memiliki kaitan yang erat dengan kaidah nahwu. Ketika salah kaidah nahwu nya maka akan salah pula artinya. Peneliti melihat adanya beberapa kesalahan pada siswa kelas 3 di Dayah Nurul Falah Meulaboh, bahwasanya kebanyakan dari siswa belum bisa membedakan antara fa’il dan maf’ul dalam sebuah teks. Sehingga diperlukannya analisis kesalahan nahwu dalam membaca teks arab untuk mengetahui dan mengklasifikasikan bentuk kesalahan yang sering terjadi serta menemukan penyebab terjadinya masalah ini. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan nahwu yang terdapat ketika membaca teks arab dan untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan nahwu dalam membaca teks arab. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang dipakai oleh peneliti adalah tes. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan beberapa kesalahan nahwu yang berupa kesalahan pada jar majrur 26,92%, tarkib washfy 20%, fa’il 15,38%, tarkib idhafi 16,15%, fa’il 15,38%, maf’ul bih 11,53%, fi’il madhi 2,30%, khabar 2,30%, ism kana 2,30%, ism anna 1,53%, khabar kana 1,53%. Adapun penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam membaca teks adalah kurangnya pengetahuan mengenai kaidah nahwu dan mengabaikan kaidah nahwu yang terdapat di dalam teks.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rizqi Wahyuni Rizqi
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:41
Last Modified: 24 Nov 2022 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24377

Actions (login required)

View Item
View Item