Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di MTsN 1 Aceh Singkil

Dina Marlinda, 180207096 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di MTsN 1 Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem  Pencernaan Di MTsN 1 Aceh Singkil] Text (Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di MTsN 1 Aceh Singkil)
Dina Marlinda, 180207096, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar pelajaran biologi pada materi sistem pencernaan di MtsN 1 Aceh Singkil salah satu disebabkan oleh kurangnya motivasi saat proses pembelajaran berlangsung dan kurang bervariasi penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan di kelas VIII MTsN 1 Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan metode Quasi experiment dengan dua kelas yang di teliti yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar angket untuk menganalisis motivasi belajar, serta soal multiple choice untuk menganalisis hasil belajar siswa. Teknik analisis data motivasi belajar siswa menggunakan rumus persentase dan hasil belajar dianalisis menggunakan N-gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 84,16% dengan kategori sangat tinggi sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 59,39% dengan kategori cukup. Hasil belajar siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan kategorikan tinggi yaitu 0,77 dan kelas kontrol yaitu 0,28 yang dikategorikan rendah. Hasil analisis uji-t diperoleh thitug>ttabel yaitu 36,17>1,68 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match dengan media audio visual dan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada materi sistem pencernaan di MTsN 1 Aceh Singkil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dina Marlinda Dina
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:46
Last Modified: 25 Nov 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24382

Actions (login required)

View Item
View Item