Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas XI Di SMAN 1 Jaka Buya Kabupaten Pidie Jaya

Suheriza Putri, 150207083 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas XI Di SMAN 1 Jaka Buya Kabupaten Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas XI Di SMAN 1 Jaka Buya Kabupaten Pidie Jaya] Text (Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas XI Di SMAN 1 Jaka Buya Kabupaten Pidie Jaya)
Suheriza Putri, 150207083, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI di SMAN 1 Jangka Buya Kabupaten Pidie Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Jangka Buya melalui model pembelajaran Guided Discovery learning pada materi Sistem Pernapasan pada manusia. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA1 di SMA Negeri 1 Jangka Buya. Subjek penelitian ini terdiri dari 35 siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Instrumen penelitian berupa lembar observasi siswa, lembar observasi guru, perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, LKPD) dan soal-soal tes hasil belajar. Setelah data terkumpul maka selanjutnya data ini diolah secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir (posttest) siklus I menunjukkan persentase ketuntasan sebesar sebesar 65,71%. Kemudian setelah dilakukan posttest siklus II didapatkan peningkatan, yaitu 20 orang siswa mencapai ketuntasan atau 88,57%. Keberhasilan juga dapat dilihat dari hasil observasi kegiatan siswa yang mencapai 80%. Kesimpulan model pembelajaran Guided Discovery Learning sangat baik diterapkan dalam pembelajaran Biologi khususnya materi sistem pernapasan pada manusia karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Suheriza Putri Putri
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:09
Last Modified: 28 Nov 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24392

Actions (login required)

View Item
View Item