Pengaruh Upah Minimum Regional, Indeks Pembangunan Manusia dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan di Indonesia.

Nur fitriana, 160604007 (2022) Pengaruh Upah Minimum Regional, Indeks Pembangunan Manusia dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan di Indonesia. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Upah Minimum Regional,  Indeks Pembangunan Manusia dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan di Indonesia.] Text (Pengaruh Upah Minimum Regional, Indeks Pembangunan Manusia dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan di Indonesia.)
Nur Fitriana, 160604007, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang disebabkan karena ketidakmampuan ekonomi masyarakat dalam menghasilkan pendapatan stabil untuk memenuhi hak-hak dasar serta perbedaan perlakuan sebagai seseorang atau sekelompok orang dalam menjalani kehidupan sosial secara bermartabat. Oleh karena itu pemerintah harus menanggulangi penyebab meningkatnya kemiskinan di Indonesia. Tujuan penenlitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh upah minimum regional, indeks pembangunan manusia, pengangguran terhadap kemiskinan di Indonesia tahun 2015-2020. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel menggunakan fixed effect model sebagai model yang terpilih. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa upah minimum regional secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara upah minimum regional dengan tingkat kemiskinan. Kemudian indeks pembangunan manusia secara parsial terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara indeks pembangunan manusia dengan tingkat kemiskinan. Dan pengangguran secara parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kemiskinan. Namun secara simultan diperoleh hasil bahwa semua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Fitriana Fitri
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:00
Last Modified: 28 Nov 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24394

Actions (login required)

View Item
View Item