Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Kecepatan Akses Informasi Oleh Pemustaka Di UPT Perpustakaan Uin Ar-Raniry

Dea Amalia, 160503078 (2022) Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Kecepatan Akses Informasi Oleh Pemustaka Di UPT Perpustakaan Uin Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Kecepatan Akses Informasi Oleh Pemustaka Di UPT Perpustakaan Uin Ar-Raniry] Text (Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Kecepatan Akses Informasi Oleh Pemustaka Di UPT Perpustakaan Uin Ar-Raniry)
Dea Amalia, 160503078, FAH, IP, 085262621177.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan Internet sebuah kegiatan menggunakan layanan internet yang ada di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry agar akses informasi oleh pemustaka menjadi lebih mudah dan cepat”. Pemustaka lebih cenderung membutuhkan informasi yang semakin banyak dan semakin cepat sehingga dapat menghemat waktu dalam mengakses informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan internet berpengaruh terhadap kecepatan akses informasi oleh pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap kecepatan akses informasi oleh pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dibagikan kepada 100 pemustaka. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antar penggunaan internet terhadap kecepatan akses informasi oleh pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry yaitu sebesar 49.1%. Dari hasil uji korelasi diperoleh nilai sebesar 0.701 yang menunjukkan bahwa hubungan antar variabel X dan variabel Y tergolong tinggi atau kuat. Dari hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa F_(hitung )(94. 532) > F_tabel(3.94), yang artinya bahwa (H_a) diterima dan (H_0) ditolak. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa penggunaan internet berpengaruh positif terhadap kecepatan akses informasi oleh pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Dari hasil uji determinasi (R²) diperoleh nilai sebesar 0,491%. Hasil ini menunjukkan bahwa hanya 49,1% penggunaan internet berpengaruh terhadap kecepatan akses informasi oleh pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan sisanya 50,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Dea Amalia
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:50
Last Modified: 28 Nov 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24397

Actions (login required)

View Item
View Item