Pengembangan Alat Peraga Sistem Pompa Hidrolik Sederhana Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Opa Mouli Parahna, 170204019 (2022) Pengembangan Alat Peraga Sistem Pompa Hidrolik Sederhana Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Alat Peraga Sistem Pompa Hidrolik Sederhana Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik] Text (Pengembangan Alat Peraga Sistem Pompa Hidrolik Sederhana Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik)
Opa Mouli Parahna, 170204019, FTK, PFF, 082272189761.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman konsep fisika peserta didik yang rendah dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal yang mempengaruhi pemahaman konsep fisika peserta didik salah satunya yaitu kurangnya alternatif media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Alat peraga merupakan media yang digunakan untuk mempermudah guru dalam mengajar. penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui rancangan pengembangan media pembelajaran sebagai alat perasa sistem pompa hidrolik sederhana. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D). Instrument yang digunakan yaitu validasi alat peraga dan soal tes. Sedangkan sebelum digunakan alat peraga diuji kelayakannya yang di lakukan oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi. Pengembangan alat peraga ini dilakukan dan mengadaptasi dari metode Reseach and development (R&D) yang terdiri dari beberapa tahapan yang mengikuti langkah Bord and Gall, antara lain mengindefikasikan potensi masalah, pengumpulan data, mendesain produk berupa alat peraga sistem pompa hidrolik sederhana, validasi desain,revisi desain produk, dan uji coba produk. Hasil penilaian alat peraga sistem pompa hidrolik sederhana antara lain, penilaian validasi ahli media untuk alat peraga sistem pompa hidrolik sederhana berada dalam kategori sangat layak, dimana persentase kelayakan ahli media 95% dan sedangkan penilaian validasi ahli media berada dalam kategori sangat layak dimana persentase kelayakan ahli materi 87,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Alat peraga pompa hidrolik, R&D, dan validasi.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Opa Mouli Parahna opa
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:39
Last Modified: 29 Nov 2022 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24410

Actions (login required)

View Item
View Item