Analisis Penanaman Karakter Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Di TK Al-Amanah

Oli Mora Otasia, 170210096 (2022) Analisis Penanaman Karakter Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Di TK Al-Amanah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Penanaman Karakter Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Di TK Al-Amanah] Text (Analisis Penanaman Karakter Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Di TK Al-Amanah)
Oli Mora Otasia, 170210096, FTK, PIAUD, 082167344742.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Karakter percaya diri merupakan suatu kepercayaan akan kemampuan diri sendiri dan menyadari kemampuan yang anak miliki serta dapat mengekspresikan kemampuan yang dimiliki oleh anak. Berdasarkan pengamatan peneliti di TK Al-Amanah Desa Leubang, karakter percaya diri anak masih kurang, seperti halnya anak yang belum berani menyebutkan namanya, ketika ditanya anak masih malu dan ragu dan bahkan ada anak yang terdiam saja, anak yang belum berani mengutarakan pendapat dan juga masih ada anak ketika disuruh oleh gurunya untuk maju kedepan anak juga masih belum berani dan ragu untuk tampil kedepan, anak juga masih bergantung pada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jumlah subjek enam orang anak dengan kategori tiga orang anak perempuan dan tiga orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa karakter percaya diri ADF, SAG, AC, SY, MA dan AF menunjukkan kriteria mulai berkembang (MB), dimana karakter percaya diri keenam subjek memiliki bermacam kriteria penilaian yang berbeda-beda berdasarkan kelima indikator karakter percaya diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Oli Mora Otasia
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:45
Last Modified: 29 Nov 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24412

Actions (login required)

View Item
View Item