Analisis Semiotika Pada Iklan Parfum Posh Hijab Terhadap Sensualitas Perempuan

Meisy Handayani, 160401089 (2021) Analisis Semiotika Pada Iklan Parfum Posh Hijab Terhadap Sensualitas Perempuan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Semiotika Pada Iklan Parfum Posh Hijab Terhadap Sensualitas Perempuan] Text (Analisis Semiotika Pada Iklan Parfum Posh Hijab Terhadap Sensualitas Perempuan)
Meisy Handayani, 160401089, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Semiotika pada Iklan Parfum Posh Hijab Terhadap Sensualitas Perempuan”. Penulisan ini mengkaji tentang sensualitas wanita dalam iklan, khususnya pada iklan Parfum Posh Hijab Chic. Parfum Posh Hijab Chic ini merupakan sebuah produk keluaran Posh versi Hijab. Parfum Posh Hijab Chic adalah sebuah produk parfum yang diciptakan khusus untuk para wanita yang berhijab agar tetap percaya diri, tampil secara maksimal tanpa memikirkan aroma yang tidak sedap. Dalam iklan tersebut, mereka menggunakan wanita berhijab sebagai model iklan yang diiringi dengan tarian. Di dalam Islam, setiap anggota tubuh wanita kecuali telapak tangan dan wajah merupakan aurat. Penggunaan model wanita dalam iklan merupakan salah satu bentuk eksploitasi wanita. Banyak perusahaan iklan yang menggunakan strategi ini untuk membuat produk yang mereka jual terlihat menarik dengan mengandalkan sensualitas dari model yang mereka gunakan. Penulis mengkaji tanda yang ditampilkan oleh iklan Parfum Posh Hijab Chic yang menampilkan model wanita dengan menggunakan teori semiotika. Semiotika sendiri merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang makna dari tanda-tanda. Semiotika merupakan penalaran manusia yang dilakukan melalui tanda. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model iklan wanita dalam perspektif Islam dan untuk mengetahui isi pesan yang disampaikan dalam iklan Posh Hijab yang menggunakan wanita sebagai model iklan. Untuk memperoleh hasil dalam penulisan ini penulis menggunakan metode penulis kualitatif dengan pendekatan semiotika. Selama pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu teknik wawancara untuk memperoleh keterangan dari narasumber yang memahami hukum Islam terhadap perempuan yang menjadi model dalam iklan parfum; penulis juga melakukan observasi terhadap seluruh kegiatan yang ada pada iklan Youtube Parfum Posh Hijab Chic; terakhir, penulis juga menggunakan teknik internet searching untuk mengakses atau mengunduh data yang diperlukan dari internet melalui website tertentu yang dapat mendukung hasil pencarian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Islam tidak melarang perempuan untuk bekerja, namun pekerjaannya harus sesuai dengan kodrat kewanitaan nya. Selama pekerjaan yang dilakukan tidak menjadikannya terhina, perempuan diperbolehkan bekerja di luar rumah sesuai dengan kemampuannya dengan tetap menjaga kehormatannya; (2) pesan yang disampaikan melalui gerakan pada iklan ini memberi makna kegembiraan yang terus meningkat yang disebabkan oleh penggunaan parfum Posh Hijab. Makna yang tersirat dari iklan ini adalah perempuan berhijab juga bisa bergerak bebas tanpa takut keringat yang akan menimbulkan bau badan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Meisy Handayani Meisy
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:43
Last Modified: 29 Nov 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24414

Actions (login required)

View Item
View Item