Penerapan Ayat-Ayat Islah Dalam Penyelesaian Konflik Di Gampong Lhok Bintang Hu

Erna Salfiani, 170303010 (2022) Penerapan Ayat-Ayat Islah Dalam Penyelesaian Konflik Di Gampong Lhok Bintang Hu. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Penerapan Ayat-Ayat Islah Dalam Penyelesaian Konflik Di Gampong Lhok Bintang Hu] Text (Penerapan Ayat-Ayat Islah Dalam Penyelesaian Konflik Di Gampong Lhok Bintang Hu)
Erna Salfiani, 170303010, FUF, IAT, 087710547716_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Realita menunjukan bahwa sebuah masyarakat tidak akan pernah terlepas dari konflik. Hal ini karena adanya perbedaan pemikiran atau sikap yang dibawa oleh setiap individu dalam melakukan sesuatu. Di sisi lain, Alquran merupakan jawaban terhadap tatacara penyelesaian konflik walaupun dalam penerapannya masyarakat belum mampu sepenuhnya menerapkan apa yang diinginkan Alquran. Berdasarkan permasalahan tersebut yang menjadi tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sejauh mana pemahaman, penerapan dan fungsi perdamaian bagi masyarakat berdasarkan ayat-ayat islah, terkhusus masyarakat Gampong Lhok Bintang Hu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa pemahaman masyarakat Gampong Lhok Bintang Hu tentang ayat-ayat islah terbagi kepada dua kategori yaitu secara umum dan secara khusus. Adapun secara umum merupakan sebuah pengetahuan yang mendorong masyarakat untuk selalu menjunjung tinggi nilai perdamaian, indahnya menjalin ikatan ukhuwah yang didasari ilmu pengetahuan agama serta masyarakat harus mampu mewujudkan nilai-nilai islah dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan secara khusus pemahaman masyarakat Lhok Bintang Hu terbagi kepada dua kelompok: Pertama, kelompok yang memahami tentang ayat-ayat islah. Kedua, kelompok yang kurang memahaminya. Mayoritas masyarakat Lhok Bintang Hu dalam penerapan ayat-ayat islah untuk penyelesaian konflik telah mampu diaplikasikan menjadi sebuah hukum adat. Hukum adat sendiri merupakan kombinasi antara pengetahuan tentang ayat-ayat islah dengan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Sementara itu, pentingnya menjaga perdamaian berdasarkan Ayat-ayat islah di kalangan masyarakat Lhok Bintang Hu adalah: sebagai tolak ukur adanya perbedaan dengan makhluk Allah yang lain, di mana perdamaian yang diaplikasikan manusia menggunakan rasional bukan emosional, serta dapat mempererat ukhuwah islamiah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Erna Salfiani
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:43
Last Modified: 29 Nov 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24415

Actions (login required)

View Item
View Item