Analisis Hasil Belajar Masa Pandemi pada Materi Ikatan Kimia di MAN Aceh Barat Daya

Ulfah Thahirah Efda, 170208001 (2022) Analisis Hasil Belajar Masa Pandemi pada Materi Ikatan Kimia di MAN Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Hasil Belajar Masa Pandemi pada Materi Ikatan   Kimia] Text (Analisis Hasil Belajar Masa Pandemi pada Materi Ikatan Kimia)
Ulfah Thahirah Efda, 170208001, FTK, PKM, 082277029939.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Peserta didik MAN Aceh Barat Daya mengalami penurunan hasil belajar dalam mempelajari materi kimia. Penurunan tersebut dapat dibuktikan melalui soal tes yang menyatakan bahwa nilai hasil belajar peserta didik masih ada yang belum mencapai KKM yaitu 75. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hasil belajar kimia dimasa pandemi dan pelaksanaan belajar kimia dimasa pandemi. jenis penelitian ini adalah (mix method) metode campuran merupakan gabungan pendekatan antara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes, lembar angket serta lembar wawancara yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 3 guru bidang studi kimia dan 40 peserta didik kelas X MIA1. Teknik analisis pengumpulan data dilakukan dengan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh dari hasil belajar peserta didik pada materi ikatan kimia dalam aspek pengetahuan pada kelas X MIA1 yang mencapai KKM hanya 20% dari peserta didik rata-rata belum mencapai KKM dengan persentase 80%. Persentase rata-rata respon guru dan peserta didik terhadap pelaksanaan belajar kimia dimasa pandemi yang dilakukan secara online ada beberapa kendala yang dihadapi diantaranya seperti jaringan yang tidak stabil, kuota yang mahal, mengakibatkan pemahaman menjadi lebih berkurang dibandingkan pembelajaran offline,berkurangnya alokasi waktu jam pelajaran dan kurangnya partisipasi peserta didik dengan persentase guru 66.6% dan 55% dari jawaban peserta didik, dari data tersebut pembelajaran yang dilakukan secara online.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ulfah Thahirah Efda Ulfah
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:10
Last Modified: 29 Nov 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24423

Actions (login required)

View Item
View Item